LUWU TIMUR | TOP-NEWS.CO.ID – Pelatihan 25 Keterampilan Dasar Kader Posyandu bagi kader dan bidan desa yang diselenggarakan PT Citra Lampia Mandiri (CLM) bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu Timur resmi dimulai di Wisma Trans Malili, Senin (01/12/2025).
Kegiatan yang berlangsung 1–13 Desember 2025 ini menjadi bagian dari upaya peningkatan kapasitas sumber daya kesehatan masyarakat.
Pembukaan pelatihan dilakukan oleh Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P2KB) Luwu Timur, Amrullah Rasyid, mewakili Bupati.
Dalam sambutannya, Amrullah mengapresiasi komitmen PT CLM dalam mendukung peningkatan kualitas pelayanan kesehatan melalui pelatihan teknis bagi kader Posyandu dan bidan desa.
“Terima kasih kepada PT Citra Lampia Mandiri atas inisiatif dan kontribusinya dalam mendukung peningkatan kualitas sumber daya kesehatan masyarakat di wilayah pemberdayaan,” ujar Amrullah.
Ia menambahkan bahwa kolaborasi antara dunia usaha dan pemerintah menjadi contoh nyata dukungan sektor swasta dalam pembangunan kesehatan masyarakat.
Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan yang diwakili Kepala Bidang P2P, Alimuddin Bachtiar, menekankan pentingnya pencapaian target nasional.
Ia menyebutkan bahwa dalam RPJMN 2025–2029, pemerintah menargetkan 80 persen posyandu aktif dan 75 persen posyandu siklus hidup, termasuk kewajiban buka minimal sebulan sekali dan memiliki lima kader.
Menurutnya, pelatihan ini menjadi bagian dari transformasi layanan kesehatan primer dengan pendekatan klaster siklus hidup meliputi ibu hamil, bayi, balita, remaja, dewasa hingga lansia.
Kegiatan ini turut dihadiri Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Rapiuddin Tahir; Camat Malili, H. Hasimning; Kepala Desa Puncak Indah, Muhammad Cakir; serta seluruh peserta pelatihan.
Pelatihan ini diharapkan memperkuat transformasi layanan kesehatan primer dan mendukung pencapaian posyandu aktif sesuai target RPJMN 2025–2029.
Kader Posyandu sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan masyarakat diharapkan mampu meningkatkan keterampilan dalam berbagai aspek layanan. (kf)
