68 ASN Kemenang Luwu Terima Satyalancana Karya Satya, Pada Peringatan Hari Amal Bakti Ke 76

  • Whatsapp

LUWU | TOP-NEWS.co.id – Jajaran Kementerian Agama Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, melaksanakan Upacara dan Ramah Tamah dalam rangka Peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-76, di Aula Kantor Kemenag Luwu, Senin (03/01/2022).

Peringatan HAB Ke-76 dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Luwu, Drs H Sulaiman MM, Kepala Kantor Kemenag Luwu, Drs H Jufri MA, para anggota forkopimda, Kepala KUA se Kabupaten Luwu, Para Kepala Madrasah, Pengawas, Penyuluh, Penghulu, dan staf.

Bacaan Lainnya

Pada acara tersebut, sebanyak 68 orang ASN menerima tanda penghargaan Satyalancana Karya Satya Pengabdian XXX, XX dan X tahun. Penyematan tanda penghargaan ini langsung diberikan oleh Sekretaris Daerah, H Sulaiman.

Membacakan pidato seragam Menteri Agama, H sulaiman menyampaikan tanggal 3 Januari 2022, keluarga besar Kementerian Agama memperingati Hari Amal Bakti ke-76 Kementerian Agama dengan penuh rasa syukur dan suka cita. Sebab, sejak dibentuk tanggal 3 Januari 1946 hingga hari ini, Kementerian Agama terus tumbuh dan berkembang menjadi salah satu instansi pemerintah yang mempunyai peran penting dan strategis dalam meningkatkan pemahaman dan pengamalan ajaran agama serta mewujudkan tatanan kehidupan beragama yang toleran dan ramah bagi semua.

“Kementerian Agama telah hadir sebagai payung teduh bagi semua unsur umat beragama, memberikan pelayanan prima bagi masyarakat yang membutuhkan layanannya, dan menjaga Pancasila, konstitusi, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia untuk tetap dalam jalurnya,” kata H sulaiman.

Hal tersebut dibuktikan dengan naiknya Indeks Kesholehan Umat Beragama dari 82,52 pada tahun 2020 menjadi 83,92 pada tahun 2021.

Indeks Kerukunan Umat Beragama juga mengalami peningkatan yang semula tahun 2020 sebesar 67,46 menjadi sebesar 72,39 pada tahun 2021. Sementara indeks Kepuasan Layanan KUA meningkat pula dari angka 77,28 pada tahun 2019 menjadi 78,90 pada tahun 2021.

Kementerian Agama juga telah menjalin hubungan yang baik dengan para tokoh dan pemuka agama, organisasi dan lembaga keagamaan, Forum Kerukunan Umat Beragama, serta unsur masyarakat lainnya.

Hubungan baik tersebut diwujudkan dalam beragam pertemuan, baik di tingkat nasional maupun daerah, pendampingan, koordinasi, konsultasi, dan fasilitasi.

“Oleh karena itu, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada segenap Pegawai Aparatur Sipil Negara Kementerian Agama yang selama ini telah mengabdi dengan tulus serta menjaga martabat, kehormatan, dan kinerja Kementerian Agama,” lanjut H Sulaiman.

Sebagai salah satu bentuk ucapan terima kasih, Kementerian Agama telah mengajukan kepada Bapak Presiden untuk memberikan penghargaan Satyalancana Karya Satya kepada 9.310 Pegawai Negeri Sipil Kementerian Agama dari 79 Satuan Kerja yang dinilai telah mengabdi tanpa cacat sebagai abdi negara.

“Saya ucapkan selamat kepada para penerima penghargaan. Semoga penghargaan tersebut semakin meningkatkan kinerja ASN Kementerian Agama dan menambah kebanggaan, sebagai bagian dari korps Kementerian Agama,” tutupnya.

Kepala Kemenag Luwu, Drs H Jufri yang membacakan sejarah terbentuknya Kementerian Agama menerangkan bahwa negara berdasarkan atas Ketuhanan Yang Maha Esa dan Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadah menurut agamanya dan kepercayaannya itu.

“Saat ini Kementerian Agama memiliki visi misi yang slah satu program prioritasnya adalah transformasi digital Di mana pusat layanan pendidikan dan keagamaan harus dipercepat harus tepat waktu, aturan dan terintegrasi,” kata H Jufri.

H Jufri mengungkapkan, pada tahun 2022, Kementerian Agama Kabupaten Luwu mendapatkan anggaran senilai 3 Milyar untuk pembangunan Pelayanan Haji dan Umrah Terpadu. Tahun ini juga dijadikan tahun percontohan, tahun toleransi yang menjadi perekat dalam menghadapi tahun politik pada tahun 2023-2024 akan datang.

“Kemenag Luwu ikut mensosialisasikan kedisiplinan penerapan protokol kesehatan dan mengedukasi masyarakat untuk memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas dan rajin berdoa,” jelasnya.

Kemenag juga menjadi Pelopor pelaksanaan vaksinasi, dimana aparat Kemenag Luwu yang berjumlah 47 orang semuanya telah divaksin termasuk 12 orang pengawas.

Sementara itu, Kepala Seksi Bimas Islam Kemenag Luwu yang bertindak selaku Ketua Panitia Peringatan HAB Ke-76, H Sukardi Yusuf menjelaskan maksud dan tujuan kegiatan ini adalah Menjadikan momentum mewujudkan integritas dan profesionalisme pelayanan masyarakat melalui Transformasi Layanan Umat sesuai tema Nasional.

“Selain itu, kegiatan ini bertujuan memupuk silaturrahim dan konsolidasi antar sesama aparatur internal Kementerian Agama pada semua jenjang dan antar aparatur Pemerintah Daerah, dalam upaya mewujudkan masyarakat Kab. Luwu yang religius atas dasar nilai-nilai Qur’ani,” terangnya.

Seluruh kegiatan dalam rangka memeriahkan dan memperingati Hari Amal Bakti ke 76 Kementerian Agama RI tingkat Kabupaten Luwu, dilaksanakan dengan berpedoman pada Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kemenag RI No. 31 Tahun 2021 tentang Hari Amal Bakti Kemenag RI Tahun 2022.

Kegiatan dimulai sejak tanggal 18 Desember 2021 dan berakhir tanggal 8 Januari 2022, yang meliputi kegiatan tenis lapangan, bulutangkis, dan tenis meja, dan Futsal. Juga dilaksanakan lomba merangkai bunga, pembuatan nasi tumpeng, lomba tari-tarian 4 etnis, dan lomba paduan suara oleh Dharma Wanita Persatuan unit Kemenag se-Sulawesi Selatan.

Lomba Tenis meja dan Bulutangkis secara beregu, lomba paduan suara, Gerak Jalan Toleransi oleh Kantor Wilayah Kemenag Prop. Sulawesi Selatan yang diikuti oleh seluruh satuan kerja Kementerian Agama Kab./Kota se Sul-sel yang direncanakan berlangsung pada tanggal 06-08 Januari 2022 di Kab. Bulukumba.

Pada Kesempatan itu, 2 (dua) orang ASN, yakni Andi Tenriwati, staf pada seksi pendidikan agama islam dan Andi Agustina, staf pelaksana pada seksi Bimas Islam dinobatkan sebagai pegawai teladan dan berhak mendapat hadiah dari Bank BNI. (Kominfo)

Pos terkait