Upaya Pencegahan Covid 19, Gugus Tugas Luwu Libatkan APDESI

  • Whatsapp

LUWU | TOPNEWS.co.id – Komitmen dan kerja keras Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan (Sulsel) kembali di uji untuk memutus mata rantai penyebaran Covid.

Dipimpin langsung Ketua Harian Gugus Tugas Covid-19, Kapolres Luwu, AKBP Fajar Dani Susanto, rapat juga dihadiri oleh Kajari Luwu, Dandim, Wakil Ketua 2 DPRD Luwu, serta jajaran OPD terkait, di RTH Polres Luwu, Kamis (07/01/2021).

Bacaan Lainnya

Rapat tersebut menghasilkan beberapa point dalam rangka antisipasi penyebaran Covid 19. Yakni, akan ada tindak lanjut penanganan untuk mereduksi Covid-19 lewat perwujudan desa tangguh Covid.

“Teman-teman di Apdesi wajib menyampaikan ke rekan-rekan kepala desa,” ujar AKBP Fajar.

Keputusan rapat juga mengharapkan, teman-teman di bidang kesehatan, agar tidak kendor dalam mengantisipasi masyarakat yang rentan sakit di desa-desa. Ini kata dia, stakeholdernya Pihak Dinkes dan rumah sakit.

Gugus Tugas Covid-19 Luwu, juga akan berkoordinasi dengan wilayah tetangga lintas kabupaten, agar lebih faktual dan akurat dalam memberikan informasi. Ini lanjut dia, untuk semua stakeholder yang terlibat dalam gugus tugas.

Kapolres juga meminta agar dilakukan pengawasan dalam penyebaran berita hoaks, yang membuat masyarakat resah dalam kondisi pandemi ini.

“Tim gugus juga menugaskan Pemerintah Desa, bersama Babinsa dan Babinkamtibmas, untuk menertibkan acara kegiatan keramaian dan mensosialisasikan dengan jelas protokoler kesehatan,” tegasnya.

Yang lainnya, Apdesi memberikan pemahaman untuk selalu memberikan penegasan ke rekan-rekan kepala desa, untuk selalu mengingatkan warga tentang kesehatan dan dengan tegas menolak kegiatan yang menyangkut keramaian apapun. Termasuk acara pernikahan.

“Kepada bidan atau perawat desa bersama Puskesmas, diharapkan aktif 1×24, jam dan menjadi pintu pertama desa, mengecek pasien yang sedang sakit dengan memberikan Swab antigen sebelum dirujuk ke rumah sakit,” pungkasnya. (kominfo)

Pos terkait