Sensus Doloksaribu: Penting! Inilah 5 Cara Mudah Menghalau Semut Di rumah yang Ampuh

  • Whatsapp

Anda merasa terganggu dengan keberadaan hewan semut di rumah secara berlebih? Akan tetapi bingung bagaimana menghalaunya. Jangan panik! Ada cara mudah menghalau semur di rumah dengan ampuh dan aman yang tidak membahayakan anggota keluarga. Mengusir semut yang sarangnya ada di tanah dan berbagai ruangan di rumah tentu bukanlah hal yang mudah, akan tetapi selalu ada cara untuk mengatasinya.

Keberadaan semut yg berlebih di rumah bisa dilatar belakangi oleh berbagai hal yang terkadang tidak disadari oleh pemilik rumah. Meski ukurannya kecil dan cenderung dianggap tidak akan menganggu, akan tetapi jika semut yang datang adalah jenis gatal maka itu akan menyulitkan Anda dan anggota rumah. Nah, daripada bingung yuk simak saja uraian berikut ini mengenai cara mengusir semut gatal secara aman dan mudah!

Bacaan Lainnya

Mengapa Semut Bisa Datang Kerumah?

Adapun sebelum membahas lebih detail mengenai bagaimana cara membasmi semut di rumah dengan mudah aman. Maka tentu saja Anda harus mengenal terlebih dahulu alasan mengapa semut gatal bisa datang dan bersarang di rumah Anda. Pertama, tentu saja ada remah-remah makanan atau sisa minuman manis dan gurih yang tercecer dilantai atau ruangan rumah sehingga mengundang semut untuk berkerumun.

Tak dapat dipungkiri bahwasanya semut selalu mendatangi wilayah yang mana terdapat sarang makanan untuknya, sehingga menjaga rumah adalah langkah tepat yang harus diperhatikan agar semut tak datang. Kedua, semut bisa bersarang di rumah karena sirkulasi udara ruangan tidak baik, sehingga lembab dan bisa menjadi lokasi perkembangbiakan semut. Ketiga, lokasi ruangan atau rumah Anda dekat dengan sumber makanan atau minuman klan semut. 

Cara Mudah Menghalau Semut Di rumah dengan Ampuh dan Aman

Meski kecil jika jumlahnya besar makan semut bisa membahayakan lho. Nah, daripada penasaran dan berlama-lama, mari simak ulasan berikut serta temukan jawabannya!

 1. Gunakan Sabun Cuci Piring dan Air

Cara mengusir semut agar tidak datang lagi ke rumah yang pertama adalah dengan menggunakan sabun cuci piring dan air. Larutkan sabun cuci piring dengan air dan masukan dalam semprotan, setelah itu semprot area yang terdapat banyak sembuh. Bersihkan area tersebut, termasuk jika ada semut yang mati, ulangi diberbagai bagian lain di rumah sampai semut menghilang.

2. Taburkan Bubuk Kopi

Cara mudah menghalau semut di rumah dengan mudah adalah menggunakan bubuk kopi. Bagi sebagian orang, bubuk kopi adalah benda yang menyenangkan dan beraroma khas nikmat. Akan tetapi bagi semut, bubuk kopi memiliki aroma menyengat yang menganggu sehingga Anda bisa menggunakannya untuk mengusir semut hanya dengan meletakannya di area sarangnya.

3. Taburkan Garam!

Cara ketiga agar semut hilang dari rumah adalah dengan menggunakan garam. Taburkan garam di area sarang semut gatal maupun semut hitam yang bergerombol di rumah. Hal ini dijamin akan membuat semut kapol bersarang di ruangan tersebut dan tidak akan kembali lagi!

4. Gunakan Perasan Lemon

Keempat, cara ampuh mengusir semut adalah dengan menggunakan perasan air lemon yang segar. Jika tak ada lemon segar maka Anda bisa menggunakan cairan pel lantai berbau lemon yang menyengat. Cukup semprotkan cairan berbahan lemon tersebut ke area sarang semut, dijamin para semut akan menghilang dan tak akan kembali lagi.

5. Menggunakan Cuka Putih

Siapa yang suka menggunakan cuka putih untuk makanan? Nah ternyata selain bisa menjadi penyegar makanan atau tambahan masakan, cuma bisa mengusir semut lho. Anda bisa mencampurkannya dengan air dan menyemprotkan cairan tersebut ke arah lantai atau sarang semut. Gunakan cairan ini secara berkala agar nantinya semut menghilang dan tak akan kembali lagi.

Bagaimana? Ternyata ada berbagai cara mudah menghalau semut di rumah bukan? Apalagi semua cara diatas menggunakan bahan alami. Anda bisa mendapatkan bahan-bahan di atas dari warung atau toko kelontong disekitar rumah. Jangan lupa! Untuk selalu menjaga kesehatan rumah, pencahayaan, sirkulasi dan juga kelembaban area rumah! Selamat mencoba! (Sensus Doloksaribu)

Pos terkait