PPA Kota Palopo Gelar Advokasi Kebijakan dan Pendampingan Pemenuhan Hak Anak

PALOPO | TOP-NEWS.co.id – Dinas Perempuan dan Perlindungan Anak (PPA) Kota Palopo, Sulawesi Selatan, menggelar kegiatan Advokasi Kebijakan dan Pendampingan Pemenuhan Hak Anak (PHA). 

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Kepala Badan Penelitian dan pengembangan Daerah (Balitbangda) Kota Palopo, A. Enceng Amir, SE. M.Si, dilaksanakan di Ruang Pertemuan Ratona Kantor Walikota Palopo, Selasa (09/03/2021).

Bacaan Lainnya

Kepala Bidang (kabid) Perlindungan Perempuan dan Anak, Sumiat Pateha, dalam laporannya mengungkapkan, bahwa dengan kegiatan itu diharapkan dapat memberi dampak yang positif kepada seluruh peserta yang kemudian dapat membangun komitmen Gugus Tugas KLA agar hak dan perlindungan anak dapat terpenuhi.

BACA JUGA: https://top-news.co.id/pemkot-palopo-gelar-uji-kesesuaian-jabatan-pratama/

“Harapan kita kedepan dengan adanya kegiatan seperti ini, berdampak positif terhadap peserta agar komitmen dalam menangani masalah KLA,” harap Sumiat Pateha.

Sementara itu, mewakili Walikota Palopo, Kepala Balitbangda Kota Palopo, Andi Enceng, dalam sambutannya menyampaikan, bahwa negara hadir dalam rangka memberikan perlindungan yang sebesar besarnya bagi perlindungan anak. Begitu juga dengan Pemkot Palopo yang memberikan perhatian terhadap anak dengan berbagai program yang telah diupayakan.

BACA JUGA: https://top-news.co.id/pertama-di-sulsel-pemkot-palopo-serahkan-laporan-keuangan-tahun-anggaran-2020-kepada-bpk/

“Advokasi dan pendampingan terhadap pemenuhan hak anak adalah amanah yang diemban. Dinas terkait dan seluruh elemen masyarakat harus proaktif dalam memberikan pendampingan, terkait penyimpangan perilaku terhadap anak maupun perempuan,” kata Andi Enceng.

Selain itu, Andi Enceng juga menyampaikan, bahwa Undang-undang perlindungan anak harus diketahui dan dipahami dilingkungan sekitar anak.

“Bila masyarakat telah memahami perlindungan pendampingan dan pemenuhan hak anak ini, maka tentu akan menjadi perhatian khusus kita secara bersama dalam memberikan perlindungan, pendampingan dan pemenuhan hak anak sebagai aset masa depan bangsa yang sangat berharga,” jelasnya.

BACA JUGA: https://top-news.co.id/safari-jumat-di-salubattang-wawali-palopo-imbau-warga-waspada-bencana/

Kegiatan tersebut menghadirkan sejumlah nara sumber yang berkompeten, diantaranya Dra. Hastina Dahlan, kepala bidang PPA prov. Sulsel dan A. Nurseha, S.Km. M.Kes (kasi PKA)

Pada kegiatan itu, juga dibagi dalam dua sesi, yakni sesi pertama diikuti peserta yang merupakan kepala sekolah dan perwakilan dari sekolah TK/PAUD, SD/MI, SMP/Mts, dan SMA/sederajat. Untuk sesi kedua, diikuti pimpinan perangkat daerah, perguruan tinggi, para Lurah dan kepala puskesmas lingkup Pemkot Palopo. (prokopim)

Pos terkait