Peringati HUT Kota Palopo Ke 19, Plt Gubernur Sulsel Ingin Jadikan Palopo “New Port”

  • Whatsapp

PALOPO | TOP-NEWS.co.id – Peringatan HUT Kota Palopo Ke-19, dilaksanakan secara virtual dengan tema “Tangguh dengan Kebersamaan” yang dilakukan dengan Rapat Paripurna dan diikuti langsung oleh Plt Gubernur Sulsel, di Ruang Pertemuan Ratona, Kantor Walikota Palopo, Jumat (02/07/2021)

Pembukaan Rapat Paripurna oleh Ketua DPRD Kota Palopo, Dr. Hj. Nurhaenih, S.Kp.,M.Kes, mengucapkan terima kasih, atas kehadiran para tamu undangan yang sudah berkunjung ke Kota Palopo, dan point dari sambutannya, adalah kita semua mesti melanjutkan estafet perjuangan para pendahulu, yang telah membangun kota ini, Kota Palopo.

Bacaan Lainnya

Sementara itu, Walikota Palopo Drs. H. Muh. Judas Amir, MH, menyampaikan bahwa tema yang diusung, dalam peringatan HUT Kota Palopo kali ini, adalah “Tangguh Dalam Kebersamaan”.

Menurutnya, tema ini dipilh atas dasar kesadaran kita, bahwa ketangguhan dengan semangat kebersamaan, adalah syarat utama untuk sukses dalam upaya pemulihan ekonomi daerah, sebagai bentuk konsisitensi dalam mewujudkan visi Kota Palopo, yakni “Maju, Inovatif Dan Berkelanjutan”

“Saya berharap agar tema ini dapat dimaknai sebagai tekad dan semangat yang tangguh bagi segenap Jajaran Pemerintah Kota Palopo, masyarakat dan stakeholder lainnya untuk secara bersama bahu membahu membangun daerah,” ungkap Judas Amir dihadapan para undangan yang hadir.

“Contoh sederhana adalah acara peringatan HUT Kota Palopo ke-19 ini, dilakukan dengan sangat sederhana, peserta yang hadir secara langsung dibatasi, selebihnya secara virtual. Demikian halnya berbagai seminar dan rapat baik skala daerah maupun nasional, proses belajar di sekolah, perkuliahan kesemuanya dilakukan tanpa tatap muka secara langsung,” jelasnya.

“Mobilitas penduduk dibatasi, pemeriksaaan kesehatan untuk Covid19 sering kali dan dimana-mana, aktivitas ibadah, perdagangan, layanan publik, penyelenggaraan keamanan dan ketertiban masyarakat, semuanya terbatasi sejalan dengan penerapan Prokes Covid19,” sambungnya.

Walikota Palopo juga mengucapkan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak.

“Kami sadar bahwa kesinambungan program yang dirintis oleh pemerintah Kota Palopo tidak akan dapat terealisasi dengan baik jika tanpa dukungan semua pihak, khususnya masyarakat Kota Palopo. Sejalan dengan itu, kami juga tetap berharap dukungan maupun perhatian pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan agar benar-benar dapat menghantarkan Kota Palopo sebagai salah satu pilar utama perekonomian Sulawesi Selatan,” paparnya.

Sementara itu, Plt Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, S.T dalam sambutannya mengatakan di usianya yang ke 19, Kota Palopo sudah sangat berkembang dan pihaknya siap mendukung pembangunan di daerah tersebut bersama kabupaten lain yang ada di Luwuraya.

“Hari usia Kota Palopo sudah beranjak ke-19 tahun, sudah sangat berkembang. Pemprov Sulsel siap mendukung untuk pembangunan berkelanjutan bersama daerah lain di Luwu Raya. Ini adalah komitmen di visi misi 2018-2023,” kata Sudirman Sulaiman.

“Tadi saya catat-catat, ini mungkin yang menjadi informasi kepada bapak pimpinan dan juga DPRD. Saya hitung-hitung dari tahun 2019-2021 Luwu Raya itu sudah Rp 720 miliar total di sini, luar biasa,” ungkapnya.

“Alhamdulillah, Kota Palopo ini, jika terbangun di sekitarnya dan menjadi sentra barang dan jasa, maka semuanya akan ke Palopo. Saya juga sudah mengajukan proposal bagaimana Palopo ini menjadi wilayah strategis, sehingga dapat menjadi penghubung untuk Luwu Raya di bidang transportasi menuju Makassar New Port,” jelasnya.

Dan nanti Pelindo yang akan masuk, fungsi dari masuknya Pelindo, nanti untuk distribusi barang dan jasa dan diselesaikan administrasinya, sehingga dwilling time itu tidak lama.

“Harapannya nanti ketika kombinasi antara darat dengan dry portnya, itu pelabuhan darat, adalah tempat di mana berkumpulnya semua sistem-sistem perizinan terintegrasi, dan lebih baik lagi,” tandas Plt Gubernur Sulsel itu.

Pada perayaan HUT Kota Palopo, ke-19, juga dihadiri oleh Datu Luwu, Sri Paduka Andi Maradang Mackulau Opu To Bau, Wakil Ketua DPRD/Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan, Wakil Walikota Palopo, Ketua TP PKK Provinsi Sulawesi Selatan, Unsur Forkopimda Kota Palopo, Para Kepala Perangkat Daerah Lingkup Kota Palopo, para Rektor /Pimpinan Universitas Se-kota Palopo, Pimpinan BUMN, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, dan Tokoh Agama. (Kominfo)

Pos terkait