Peringati HKG Ke 49, TP PKK Kabupaten Luwu Gelar Sosialisasi Parenting

  • Whatsapp

LUWU | TOP-NEWS.co.id – Memperingati Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Ke-49 Tahun 2021, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Luwu, Sulsel, menggelar kegiatan sosialisasi parenting di Aula Gedung Celebes Islamic School (CIS), Kamis (20/05/2021).

Bacaan Lainnya

Sehubungan masih dalam kondisi pandemi Covid-19 dan menghindari berkumpulnya orang dalam jumlah besar, kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari kedepan, tetap menerapkan protokol kesehatan.

TP PKK Kabupaten Luwu terus berkomitmen meningkatkan kualitas orang tua dalam menciptakan generasi yang berkarakter dan berakhlak mulia. Salah satunya dengan membekali orang tua dengan ilmu mendidik, mengasuh anak yang benar, melalui sosialisasi parenting. Program ini melekat pada Kelompok Kerja II (Pokja II) TP PKK kabupaten Luwu.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Luwu, Dr Hj Hayarna Basmin mengatakan pentingnya kegiatan digelar sebagai bekal orang tua maupun tenaga pendidik dalam pembelajaran anak sehingga bisa menciptakan generasi yang berkualitas.

“Kita berharap kegiatan ini bisa menambah wawasan tentang pola asuh, merawat, dan mendidik anak sehingga menjadi anak-anak yang berkualitas yang memiliki budi pekerti serta akhlak yang mulia,” harap Hj Hayarna Basmin.

Penjabat Sekda Luwu, Drs H Sulaiman, MM dalam sambutannya mengatakan pengasuhan pada anak usia dini adalah merupakan hal yang sangat mendasar bagi perkembangan anak dikemudian hari

“Demikian pentingnya progress perkembangan yang terjadi pada masa awal kehidupan anak, membuat fase ini disebut dengan istilah The Golden Age, dimana dalam rentang usia ini, potensi kecerdasan dan dasar perilaku yang meliputi perkembangan fisik, motorik, intelektual dan komunikasi akan berlangsung dengan sangat cepat dan terjadi hanya sekali dalam fase kehidupan manusia,” kata H Sulaiman.

Berdasarkan asumsi tersebut, menurutnya pengasuhan pada anak usia dini merupakan suatu keniscayaan dalam mempersiapkan generasi penerus yang berkualitas dan berdaya saing tinggi.

“Jika anak diajari hal-hal baik, maka Insya Allah mereka akan tumbuh dan berkembang dengan perilaku yang baik pula. Jika mereka melakukan hal yang baik maka orang tuanya akan memperoleh kemuliaan serta mendapatkan kebahagiaan yang hakiki,” lanjut H Sulaiman.

Materi Sosialisasi Parenting dibawakan oleh Masrah Yasir yang menitik beratkan pada Pendisiplinan Karakter Pola Komunikasi, Pendisiplinan Pola Hidup Sehat dan Pendisiplinan pola Belajar. Sementara materi kedua terkait Peran Orang Tua terhadap Pendidikan Anak Usia Dini dibawakan oleh Kabid PAUD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Luwu, Hj Masnaini. (Kominfo)

Pos terkait