Pemkot Palopo Gelar Penanaman 10.000 Pohon

  • Whatsapp

PALOPO | TOPNEWS.co.id – Pemerintah Kota Palopo, Sulawesi Selatan (Sulsel), secara serentak melakukan penanaman pohon di Lapangan Pancasila, Jumat (22/01/2021).

Bacaan Lainnya

Penanaman pohon tersebut merupakan program dari Dinas Lingkungan Hidup (LKH) Kota Palopo, yakni pencanangan gerakan penanaman 10.000 pohon penghijauan tahun 2021.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Palopo, St. Hj. Baderia, S.Pd.,M.Si menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan program pertama di tahun 2021 dan sekaligus agenda utama untuk mendukung visi Walikota Palopo.

“Mewujudkan lingkungan yang layak huni melalui pengembangan infrastruktur perkotaan, penataan pemukiman, sanitasi dan ruang terbuka hijau,” ungkap Baderia.

Adapun pemilihan Lapangan Pancasila Kota Palopo sebagai lokasi pencanangan, karena sebelumnya dilakukan survey kapasitas ruang terbuka hijau serta sebaran/kerapatan vegetasi dalam area, termasuk halaman Kantor Walikota Palopo.

Lanjutnya, dipilihnya Lapangan Pancasila mengingat bahwa selain sebagai icon baru kota Palopo dan telah memiliki Dokumen Lingkungan Hidup yaitu DPLH juga menjadi salah satu ruang publik yang banyak dikunjungi masyarakat termasuk dari luar Kota Palopo.

“Kegiatan ini semoga bisa meningkatkan peduli lingkungan hidup dan budaya kota Palopo yang kita cintai bersama,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Walikota, Rahmat Masri Bandaso mengatakan, bahwa kita bukan hanya sampai pada penanaman pohon namun yang penting adalah setelah penanaman nantinya kita harus merawat pohon tersebut sehingga berfungsi dengan baik.

“Semoga selanjutnya gerakan ini harus dicanangkan terus menerus, jadi jangan berhenti,” kata RMB sapaan akrab Wawali Palopo.

Selain itu, RMB juga meminta untuk selalu bersinergi bersama forkopimda agar terus melakukan gerakan pencanangan seperti ini.

“Sehingga kota kita ini menjadi kota yang hijau dan sehat,” terangnya.

Kegiatan pencanangan penanaman pohon tersebut dihadiri pula Sekretaris Daerah kota Palopo, Drs. Firmanza DP, SH.,M.Si, perwakilan unsur Forkopimda, para pimpinan perangkat daerah. (prokopim)

Pos terkait