Kunjungi Lokasi Tanah Longsor di Walbar, Menteri Sosial Minta Siapkan Buffer Stock di 8 Titik

  • Whatsapp

LUWU | TOP-NEWS.co.id – Musibah banjir bandang dan tanah longsor yang terjadi di beberapa desa di wilayah Walenrang-Lamasi Kabupaten Luwu, Sulsel, pada hari minggu (3/10/2021), mendapat perhatian khusus dari Menteri Sosial, Tri Rismaharini.

Dengan menggunakan pesawat Wings Air ATR 72/600, Menteri Sosial tiba di Bandara Lagaligo Bua, Rabu (6/10/2021), pukul 08.45 dan langsung menuju ke lokasi tanah longsor yang berada di Desa Ilan Batu Kecamatan Walenrang Barat didampingi oleh Bupati Luwu, H Basmin Mattayang, Walikota Palopo, HM Judas Amir, Kadis Sosial Provinsi Sulsel, A. Irawan Bintang, Dandim 1403 Palopo, Letkol Inf Gunawan, dan Kapolres Luwu, AKBP Fajar Dani Susanto

Bacaan Lainnya

Sesampai di lokasi, Menteri Risma menemui Kepala Desa Ilan Batu, Abdul Salam dan menyerahkan dana senilai Rp. 60 Juta Rupiah sebagai santunan ahli waris atas meninggalnya 4 (empat) orang anak kepala desa Ilan Batu akibat tertimpa tanah longsor.

Usai menyerahkan santunan, Risma meminta Dandim dan Kapolres mencari lokasi yang bisa digunakan tempat evakuasi warga jika sewaktu-waktu ada longsor susulan dan menentukan jalur-jalur evakuasi

“Sepanjang jalan saya kesini itu sangat riskan untuk terjadinya longsor, kalau terjadi longsor kemudian akses itu tertutup, dikhawatirkan kebutuhan warga dari beberapa titik tidak bisa terpenuhi, karenanya, yang kita lakukan bersama pak Bupati, pak Kapolres, pak Dandim, akan menyiapkan di 8 titik yang ada hunian kita sediakan buffer stock,” jelas Risma.

Buffer Stock yang dimaksud oleh Mensos adalah penyangga kebutuhan masyarakat berupa kebutuhan makanan dan air bersih.

Risma juga menyetujui untuk memenuhi kebutuhan operasional di lokasi terkait Bahan Bakar Minyak sebagaimana yang diusulkan oleh Dandim 1403 Palopo.

“Pak Bupati tadi juga sudah banyak menyampaikan jumlah kerugian dan kebutuhan masyarakat saat ini. Untuk penanganan sungai, nanti akan saya sampaikan ke PUPR, saya juga akan berkoordinasi dengan Kemenkominfo supaya bisa membantu peralatan komunikasi dilokasi ini,” tutupnya. (Kominfo)

Pos terkait