LUWU TIMUR | TOPNEWS.co.id – Kedua kandidat Luwu Timur (Lutim) saat ini cukup intes melakukan sosialisasi dan kampanye dialogis setiap desa untuk mengaet pemilih pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 9 Desember 2020 mendatang.

Seperti yang terlihat Kedua pasangan calon di Luwu Timur, Muhammad Thorig Husler-Budiman (MTH-Budiman) dan Irwan Bachri Syam-Andi Muh Rio Patiwiri (Ibas-Rio), telah mempromosikan program unggulanya masing-masing.

Program cukup intes di kampanye calon nomor urut 1 MTH-Budiman adalah anggaran Rp 1 Miliyar Perdesa, sedangkan pasangan nomor urut 2 lebih mengutamakan untuk kepentingan petani menyediakan pupuk gratis di Lutim.

Mostofa, warga Desa Mekarsari, Kecamatan Kalaena, mengatakan jika program Ibas-Rio menggratiskan pupuk bagi petani, maka petani lebih sejahtera hidupnya.

Menurutnya, mayoritas petani di Lutim, terkhusus Kecamatan Kalaena hanya mengandalkan dari sektor pertanian.

“80 persen masyarakat Kalaena disini hanya mengandalkan sektor pertanian. Jika petani diberikan pupuk gratis pasangan Ibas-Rio, maka dipastikan petani lebih sejahtera dan perputaran ekonomi di desa akan berkembang pesat,” tuturnya.

Mostofa yang juga mantan kepala Desa Mekarsari ini menilai, jika membandingkan program pupuk gratis pasangan calon Ibas-Rio dengan calon lainnya hanya memberikan dana Rp 1 Miliyar Perdesa yang dikelola langsung aparat desa, hanya untuk memperdayakan elit yang ada di desa, bukan petani.

“Intinya bahwa program pupuk gratis lebih menyentuh kepada petani secara langsung, ketimbang uang diberikan Rp 1 M perdesa yang di kelola aparat desa yang hanya akan dinikmati oleh segilitir orang saja,” tegasnya.

Jika pupuk gratis diberikan oleh petani ini, lanjut Mostofa, adalah kabar baik untuk dirinya. Apalagi sekarang ini kebutuhan akan pupuk di saat ini cukup langkah di Lutim.

“Artinya kami seorang petani tidak lagi mengemis-ngemis mencari pupuk lagi, karena kami sudah disediakan, jika pasangan Ibas-Rio terpilih menjadi Bupati dan wakil bupati nantinya,” terangnya.

Diketahui, program dari MTH-Budiman untuk Rp 1 M Perdesa dengan jumlah desa di Kabupaten Luwu Timur ini, sebanyak 124 desa. Jika yang dimaksudkan adalah diluar dari ADD dan DD, Husler-Budiman kedepannya harus menyiapkan dana tambahan sebanyak 124 miliar dari 124 desa.

Sementara itu, penambahan pendapatan desa yang bersumber dari ADD itu dihitung 10 % dari Dana perimbangan. Jadi pemerintah harus menyiapkan kurang lebih 87 miliar. Jika ditotal, setiap tahun Pemerintahan Husler-Budiman nantinya harus menyiapkan dana kurang lebih 211 miliar.

Sedangkan, Program pupuk gratis Ibas-Rio secara keseluruhan yang dihitung berdasarkan data RDKK, luas lahan yang sudah mencakup pertanian tanaman pangan, hortikultura, perikanan dan peternakan, terdapat kurang lebih 74 ribu ha lahan.

Dari Ketentuan harga pupuk melalui peraturan pertanian pada Pupuk Urea sebesar Rp 1.800/kg, Pupuk SP-36 Rp 2.000/kg, Pupuk ZA Rp 1.400/kg, Pupuk NPK Rp 2.300/kg, Pupuk NPK Formula Khusus Rp. 3.000/kg, dan Pupuk Organik sebesar Rp 500/kg. (**)