Walikota Palopo, HM Judas Amir mengajak semua masyarakat ikut menyukseskan Sensus Penduduk Tahun 2020. Ajakan tersebut disampaikan walikota usai mengisi data kependudukan secara online di ruang kerjanya Senin (24/02/2020).

PALOPO | TOPNEWS.co.id – Walikota Palopo, HM Judas Amir mengajak semua masyarakat ikut menyukseskan Sensus Penduduk Tahun 2020. Ajakan tersebut disampaikan walikota usai mengisi data kependudukan secara online di ruang kerjanya Senin (24/02/2020).

Menurut Walikota, Sensus Penduduk adalah bagian terpenting dalam penataan kehidupan bernegara, berbangsa dan bertanah air. Namun lebih khusus lagi sangat penting terhadap diri pribadi karena sebagai masyarakat diakui sebagai warga negara.

“Jadi saya harap seluruh masyarakat khususnya kota Palopo, kiranya dengan sukarela untuk mendaftarkan dirinya bersama seluruh keluarganya pada sensus penduduk tahun 2020 ini,” imbau walikota.

Lanjutnya, keberadaan data kependudukan merupakan sebuah pegangan bagi pemerintah dalam mengambil kebijakan terhadap jalannya sebuah program. Sehingga masyarakat sangat diharapkan dalam pengisian dan pelaporan data kependudukan agar benar dan jelas.

“Dengan adanya kejelasan data masyarkat, pemerintah dalam melaksanakan program akan tepat sasaran dan sesuai dengan kondisi yang sebenarnya,” ungkap Walikota.

Walikota juga berpesan agar tidak ada lagi masyarakat yang tidak melakukan sensus penduduk. Karena kedepannya bagi masyarakat yang tidak terdata pada sensus tidak akan dilayani oleh pemerintah. Karena pemerintah tidak punya kewajiban lagi untuk melayani warga yang tidak terdata sebagai penduduk.

Pada kesempatan itu juga, walikota memerintahkan dan mewanti wanti para lurah agar mendampingi warganya dalam pengisian data kependudukan pada sensus, baik secara manual maupun SP online. Khususnya bagi warga atau masyarakat yang kurang paham atau tidak mempunyai akses untuk melakukan pengisian secara online.

Sesuai jadwal sensus penduduk online 2020 untuk tahap pertama sudah dimulai per tanggal 15 Februari 2020 dan akan berakhir pada tanggal 31 maret tahun 2020. Selain SP secara online, BPS juga akan melakukan SP melalui wawancara langsung ung akan dilaksanakan pada Juli mendatang. (hms)