PALOPO – Walikota Palopo HM Judas Amir bersama unsur Forkopimda Serta Pimpinan Perangkat Daerah Kota Palopo mengikuti upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila, melalui video conference di Ruang Pola Kantor Walikota Palopo, Kamis (1/10/2020).

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila dilaksanakan Setiap Tahun pada tanggal 1 Oktober di Monumen Pansasila Sakti, Jalan Raya Pondok Gede, Lubang Buaya, Jakarta Timur.

Tahun ini Mengusung Tema “Maju Berlandaskan Pancasila.” Pada Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya karena tahun ini adanya pandemi Covid-19.

Selaku Inspektur Upacara Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2020, Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo.

Pembacaan Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 oleh Ketua Dewan Perwakilan Daerah RI

Dilanjutkan dengan Pembacaan dan Penandatangan Ikrar oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat RI, Puan Maharani

Pada kesempatannya, Presiden RI Jokowi juga beserta Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin dan juga pimpinan lembaga negara DPR RI serta DPD RI melakukan napak tilas di Monumen Pancasila Sakti melihat sejarah Lubang Buaya.

Seperti yang diketahui Hari Kesaktian Pancasila adalah hari Nasional di Indonesia yang diperingati setiap 1 Oktober sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 153/Tahun 1967. Ini terjadi setelah Peristiwa Gerakan 30 September yang lebih dikenal sebagai G30S/PKI.

Dimana diketahui pada peristiwa 30S/PKI, enam jenderal serta beberapa orang lainnya dibantai sekelompok orang yang menurut otoritas militer saat itu Partai Komunis Indonesia.

Gejolak yang timbul akibat G30S/PKI sendiri pada akhirnya berhasil diredam oleh otoritas militer Indonesia, sehingga dinamakan Hari Kesaktian Pancasila. (hms)