PALOPO | TOPNEWS.co.id – Walikota Palopo Drs. H. M. Judas Amir, MH memimpin Apel Penerapan Protokol Kesehatan Covid-19 sekaligus penyerahan secara simbolis Rompi Satgas Covid-19 kepada seluruh ketua RT/RW Se Kecamatan Sendana yang dilaksanakan di Halaman Kantor Camat Sendana, Kamis (14/08/2020).

Pada kesempatan itu, Walikota Palopo Drs. H. M. Judas Amir, MH menyampaikan bahwa Ditangan kitalah sekarang ini, ibu bapak rt/rw terkait penanganan covid ini Tak perlu memikirkan daerah lain, tempat lain, tapi pikirkan dulu wilayah kita sendiri.

Kita sudah dihimbau pemerintah pusat, IDI, Ulama besar, untuk mematuhi protokol kesehatan yaitu menjaga jarak, pakai masker, dan mencuci tangan.

“Disinilah kita harus jalankan perintah agama, tidak akan berubah nasib suatu kaum jika bukan mereka sendiri yang merubahnya,” ujar Judas Amir.

Setelah memimpin Apel Penerapan Protokol Kesehatan Covid-19 di Kecamatan Sendana Walikota Palopo Drs. H. M. Judas Amir, MH mengikuti Apel Gelar Pasukan dalam rangka Penanganan Covid-19 dan Pendisiplinan Protokol Kesehatan yang digelar oleh Komando Distrik Militer 1403 Sawerigading di Lapangan Pancasila Palopo.

Apel tersebut dipimpin oleh Dandim 1403/SWG Letkol Inf Gunawan, S.I.P didampingi oleh Walikota Palopo Drs. H. M. Judas Amir, MH dan Kapolres Kota Palopo AKBP Alfian Nurnas, SH., S.I.K.

Dilanjutkan Penyematan Pita oleh Walikota Palopo Kepada Perwakilan Anggota TNI selanjutnya Dandim 1403/SWG Kepada Anggota Polri dan Kapolres Kota Palopo Kepada Satuan Polisi Pamong Praja.

Dalam Amanatnya, Dandim 1403/SWG Letkol Inf Gunawan, S.I.P menyampaikan apel yang kita gelar saat ini merupakan upaya terpadu untuk menerapkan dan mengawasi pelaksanaan protokol kesehatan dalam menghadapi pandemi covid-19 diwilayah kodim 1403/Swg.

Seperti kita ketahui bersama bahwa penyebaran covid-19 sampai saat ini masih cukup tinggi dan telah menimbulkan korban jiwa serta kerugian material yang berimplikasipada aspek sosial ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

“Sehubungan dengan itu pemerintah telah mengeluarkan kebijakan agar masyarakat tetap produktif di tengah-tengah pandemi covid-19namun tetap mengutamakan keselamatan dengan menjalankan protokol kesehatan,” kata Letkol Inf Gunawan.

“Guna mendukung kebiasaan baru tersebut diperlukan langkah-langkah pendisiplinan protokol kesehatan yang terpadu terarah dan terukur serta menyeluruh dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat dan bangsa,” tambahnya.

Salah satu tugas utama yang akan kita laksanakan dalam menerapkan operasi pendisiplinan dan protokol kesehatan nantinya adalah pemakaian masker kepatuhan menjaga jarak, membiasakan mencuci tangan dengan sabun di seluruh kecamatan/kelurahan serta RT/RW dalam lingkup kota palopo, di pasar-pasar dan di lorong-lorong serta area keramaian lainnya.

Walikota Drs. H. M. Judas Amir, MH pada kesempatan itu pula menyampaikan bahwa masalah covid yang dihadapi saat ini sudah dikaji dari berbagai disiplin ilmu yang sudah berpengalaman yang menyatakan bahwa tidak ada hal yang dapat dilakukan sebelum adanya vaksin yang dapat menyembuhkan.

“Untuk itu kita harus melakukan apa yang telah disampaikan pemerintah untuk mengikuti protokol kesehatan serta terimakasihnya kepada jajaran TNI dan Polri telah gelar apel kesiapan yang akan ditindaklanjuti dilapangan yang akan diatur oleh Dandim bekerjasama dengan Pemerintah Kota Palopo,” jelasnya.

Adapun Program Operasi Covid yaitu Pasar PNP dan Terminal Dangerakko : pada Kelompok I Dalam Pasar sentral 35 org dipimpin oleh Kasat Sabhara AKP Gerianto P bersama Kodim 1403,
Yonif 721/Mks, Polres Kota Plp, Satpol PP, Dinkes, BPBD, Dishub.

Kelompok II Jl. Mangga, Komplex Lagota dan ruko Pasar 35 org dipimpin oleh Iptu Herman Bokko SH bersama Kodim 1403, Yonif 721/Mks, Polres Kota Plp, Satpol PP, Dinkes, BPBD, Dishub.

Kelompok III Jl. Ahmad Dahlan dan ruko pasar Sentral 35 org dipimpin oleh Letda Inf Rizal bersama Kodim 1403, Yonif 721/Mks, Polres Kota Plp, Satpol PP, Dinkes, BPBD, Dishub.

Kelompok IV Jl. Rambutan, Jl. Durian ( jalur dua ) dan ruko sepanjang jl rambutan 35 org dipimpin oleh Pasi Opsdim 1403 Kpt Inf Sukardi bersama Kodim 1403,Yonif 721/Mks, Polres Kota Plp, Satpol PP, Dinkes, BPBD, Dishub

Kelompok V Terminal Dangerakko dan ruko Sekitarnya 35 org Dipimpin oleh Pasiter 1403 Kpt Inf Agus Purwono bersama Kodim 1403, Yonif 721/Mks, Polres Kota Plp, Satpol PP, Dinkes, BPBD, Dishub.

Dengan tugas Mewajibkan seluruh orang menggunakan masker, Bagi yang belum menggunakan masker diberi pemahaman tentang pentingnya menggunakan masker serta sanksinya sesuai perwali dan diberikan masker.

Kemudian Menghimbau pengelola pasar, toko agar menyiapkan sarana cuci tangan, serta senantiasa selalu mencuci tangan serta Menghimbau Selalu menjaga jarak aman antar orang dan Khusus tenaga kesehatan laksanakan scan suhu tubuh, apabila ada yang terindikasi segera di evakuasi. (hms)