MAKASSAR | TOPNEWS.co.id – Walikota Palopo Drs. H. M. Judas Amir, MH hadiri Rapat Koordinasi Pengawasan Daerah (Rakorwasda) Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2020, di Hotel Four point by Sheraton Makassar, Kamis (12/11/2020).

Rakorwasda dengan tema “Apip Bersinergi Cegah Korupsi” ini juga dihadiri oleh Gubernur Sulawesi Selatan, Prof. Dr. Ir. H. M. Nurdin Abdullah, M.Agr, Kordinator Wilayah VIII Korsubgah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI, Kapolda Sulsel, Kejati Sulsel, Sekertaris Daerah Prov Sulsel, Bupati dan Walikota Se Sulsel, serta Para Pimpinan Perangkat Daerah Lingkup Prov Sulsel.

Dalam laporannya, Plt. Inspektur Provinsi Sulawesi Selatan, Sri Wahyuni Nurdin, SE., Ak., M. Adm. Pemb menyampaikan, tema yang di angkat seiring dengan pelaksanaan Rakorwasda Tahun 2020 dimaksudkan agar peran APIP, KPK saling bersinergi agar tercipta komitmen bersama dalam mencapai tujuan serta pemahaman yang sama dalam upaya pencegahan korupsi.

Dirinya berharap sasaran utama reformasi birokrasi senantiasa dapat terwujud baik peningkatan kapasitas dan akuntabilitas organisasi dan pemerintahan yang bersih dan bebas KKN serta peningkatan pelayanan publik.

“Dengan tujuan untuk menyamakan persepsi sinergitas di antara penyelenggara pemerintahan daerah agar pengawasan atas penyelenggaraan pemerintahan daerh berjalan secara efektif dan efisien dan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,” ungkap Sri Wahyuni Nurdin.

Kemudian untuk menyamakan persepsi guna mengambil langkah strategis dalam pencegahan korupsi di seluruh Pemerintah Daerah lingkup Pemprov Sulsel.

“Dan melakukn percepatan dalam pelaksanaan program pemberantasan korupsi yang terintegrasi maupun strategi Nasional pencegahan korupsi di Pemprov Sulsel,” tambahnya.

Sementara itu, sambutan, Prof. Dr. Ir. H. M. Nurdin Abdullah, M.Agr menyampaikan, bahwa sebagai instansi pengawasan, peran APIP di pemerintahan sangat besar. Olehnya itu, berharap APIP bisa bekerja dengan baik, profesional dan tidak mudah diintervensi.

“Saya kira ini adalah bentuk dari penguatan APIP, saya meminta teman-teman APIP untuk bekerja secara profesional dan tidak mudah diintervensi. APIP ini menjadi filter dan menjadi accounting yang tahu persis isi keuangan Pemerintah Daerah,” paparnya.

“Karena Apip ini merupakan filter kita, oleh karena itu peran APIP sangatlah penting dengan adanya komitmen bersama KPK bahwa kita utamakan APIP terlebih dahulu,” tandasnya. (hms)