Wagub Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman. (Ft:Int)

MAKASSAR|TOP-NEWS.co.id-Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman, mengalakkan gerakan pakai masker untuk mencegah penularan virus corona alias covid-19.

Orang nomor dua di Sulsel ini mengajak seluruh masyarakat membiasakan diri memakai masker agar terhindar dari virus mematikan ini.

“Gerakan memakai masker adalah sebagai langkah cerdas untuk mengurangi kecepatan penyebaran covid-19 dari pembawa maupun penderita kepada orang sekitarnya,” tulis Sudirman dalam akun Instagram pribadinya.

Sejak pandemi covid-19, masker menjadi barang mahal dan kerap kali langka di pasaran. Kondisi itu tidak hanya terjadi di Indonesia, tapi juga di berbagai belahan dunia.

Kelangkaan masker itu bisa disiasati dengan memakai masker rumahan alias masker kain jahitan sendiri.

Meski tidak seandal masker pabrikan yang sudah diuji klinis, setidaknya masker rumahan bisa menangkal secara langsung percikan bersin atau droplet.

Sudirman melanjutkan pemakaian masker bisa digunakan bukan hanya bagi orang yang sakit, tapi juga orang sehat. Terlebih, penularan corona sangat cepat dan mudah.

“Ayo saatnya meski merasa sehat anda, saya dan kita semua WAJIB menggunakan masker, entah masker rumahan dan lainnya asal mampu menahan paling tidak 70% droplet kita ke orang lain ataupun sebaliknya sehingga mampu memutus rantai penyebaran Covid19 ini. Biarkan masker standard untuk dokter, perawat dan tim medis kita,” jelasnya.

Lebih jauh, Sudirman menyampaikan penggunaan masker dilakukan setiap beraktivitas, terutama jika keluar rumah. Apalagi, bagi orang yang setiap harinya harus berinteraksi dengan banyak orang.

“Kapan memakainya, setiap anda ingin keluar rumah ataupun beraktivitas ataupun berhadapan dengan orang lain. Jaga Jarak Aman. Selalu bersihkan tangan dan Gunakan masker untuk semua!,” tutup Sudirman. (Rls/Key)