LUTIM – Tingginya pengguna sampah plastik secara global sudah sangat mengkhawatirkan. Diperlukan gerakan positif dari semua elemen baik, Pemerintah maupun masyarakat untuk mengurangi penggunaan sampah plastik.

Sorowako Bicycle Community (Sobec) bekerjasama dengan PT. Vale Indonesia menggelar kegiatan penandatangan deklarasi komitmen pengurangan sampah di sela-sela acara Wastefreeday Funbike di Lapangan Camp Site Sorowako, Sabtu (03/08/2019).

Komitmen pengurangan sampah plastik itu diawali Wakil Bupati Luwu Timur, Irwan Bachri Syam dengan meneken sebuah spanduk deklarasi pengurangan sampah plastik yang diikuti Putri Indonesia Lingkungan Hidup Tahun 2017, Kadis DLH, Andi Tabacina Akhmad, Lurah Magani, Ishak dan Manajemen PT. Vale Indonesia.

“Tanda tangan ini jadi bukti komitmen kita semua untuk mengurangi sampah plastik. Mari kita jaga lingkungan kita untuk generasi di masa depan,” kata Irwan.

Deklarasi ini merupakan kampanye massal yang di kemas dengan kegiatan olahraga bersepeda santai sekaligus menanamkan sejak dini kepada generasi muda agar peduli terhadap lingkungan dengan mengurangi penggunaan kemasan plastik sekali pakai.

Acara Wastefreeday Funbike ini dibuka Bupati Luwu Timur, H. Muhammad Thorig Husler dan hadir pula Wakil Bupati, Irwan Bachri Syam, yang dimeriahkan dengan hadirnya Putri Indonesia Lingkungan Hidup Tahun 2017. Uniknya setiap peserta yang mengikuti Funbike ini harus mendaftarkan diri dengan membawa sampah plastik untuk bank sampah.

Kegiatan yang dihadiri sekitar 830 peserta ini, dimeriahkan dengan berbagai kegiatan seperti Workshop Daur Ulang, WorkShop EcoBrick, Donasi Bank Sampah, Photo Contest dan Talkshow Duta Lingkungan. (ikp/kominfo)