PALOPO | TOPNEWS.co.id – Aksi unjuk rasa yang di lakukan oleh Aliansi Mahasiswa IAIN Manggugat di depan Gedung Rektor Istitut Agama Islam Negeri (IAIN) Kota Palopo, Rabu (11/09/2019), berakhir bentrok.

Massa yang akan dibubarkan paksa oleh pihak security kampus, sempat melawan sehingga terjadi aksi kejar hingga saling pukul dengan menggunakan helem.

Atas kejadian tersebut, salah seorang Mahasiswi yang juga ikut berunjuk rasa menolak penetapan uang kuliah tunggal (UKT) sempat pingsan tak sadarkan diri.

Dalam aksinya, para mahasiswa menuntut pihak kampus untuk menurunkan UKT/BKT.

Mereka meminta kepada pihak kampus untuk meninjau ulang penetapan UKT, yang saat ini berlaku pada mahasiswa baru.

Pasalnya, penetapan tersebut dinilai tidak disesuaikan dengan pendapatan orang tua para mahasiswa baru.

“Kami meminta pihak kampus untuk meninjau ulang terkait penetapan UKT/BKT kampus, sebab ini tidak sesuai pendapatan orang tua mahasiswa sehingga perlu untuk pihak kampus Agar jeli melihat keadaan mahasiswanya,” kata Jendlap aksi, Akbar dalam orasinya, Rabu (11/9)

“Dan kami juga meminta kepada pihak kampus untuk segera menurunkan dan meninjau ulang terkait penerapan UKT/BKT yang setiap tahun mengalami peningkatan, sehingga orang tua mahasiswa mengeluhkan uang pembayaran anaknya,” pungkasnya. (**)