Ilustrasi

LUTRA | TOPNEWS.co.id – Kasus positif covid-19 di Luwu Utara terus bertambah. Yang terbaru dua kasus postifif Corona dari cluster Temboro, sehingga kasus positif di Luwu Utara, kini sudah 27 orang.

Hal ini diungkap oleh Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Luwu Utara, Komang Krisna, di Masamba, Minggu (10/05/2020).

“Kasus positif kembali bertambah dua, semuanya berasal dari cluster Temboro yang tersisa, masing-masing dengan inisial AI (17 tahun) yang beralamat di Masamba dan NH (12) beralamat di Baebunta,” tutur Komang.

Dua kasus positif ini, sebut dia, sudah termasuk ke dalam 42 spesimen yang diperiksa di BBLK yang hasilnya telah keluar hari ini, dari 50 spesimen tersisa.

“40 spesimen lainnya juga telah keluar, dengan hasil negatif,” ungkapnya.

Ia menyebutkan, 40 spesimen yang hasilnya negatif adalah hasil contact tracing yang dilakukan Tim Gerak Cepat Dinas Kesehatan terhadap keluarga yang positif.

“Jadi 27 kasus positif semuanya kasus imported case. Belum ada keluarga yang kontak erat terkonfirmasi positif, sehingga belum ada transmisi lokal di Luwu Utara,” terangnya.

“Masih ada 8 spesimen lagi yang belum keluar hasilnya, 5 PDP dan 3 hasil contact tracing. Kita masih menunggu proses pemeriksaan di BBLK,” sambungnya.

Ada yang menarik disampaikan Komang. Salah satu santri yang terkonfirmasi positif hari ini adalah santri beralamat Masamba yang punya kesadaran tinggi datang ke posko TGC melakukan pemeriksaan dan pengambilan spesimen swab.

“Adik kita ini datang menemui kami di Posko TGC untuk dilakuan pemeriksaan. Dia ditemani oleh orang tuanya. Dan orang tuanya juga ikut memeriksakan diri karena mereka adalah kontak erat dengan adik kita ini,” ungkap Komang.

Ia menyebutkan, apa yang dilakukan keluarga santri ini patut ditiru oleh masyarakat lainnya yang telah bepergian dari luar.

“Kami berharap masyarakat Luwu Utara yang merasa bepergian dari daerah terinfeksi covid-19 atau dari zona merah untuk bisa datang ke posko TGC Dinas Kesehatan di samping Gedung Pemuda Masamba untuk dilakukan pemeriksaan dan pengambilan swab hidung dan tenggorokan. Apa yang dilakukan adik kita ini patut diapresiasi,” pungkasnya. (lh)