Tim ‎Kedokteran dan Kesehatan (Dokkes) Polres Palopo melakukan pemeriksaan kesehatan kepada para Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) beserta para petugas pengamanan dalam proses rekapitulasi surat suara di tingkat Kecamatan se-Kota Palopo, Rabu (24/04/2019).

TOPNEWS.id|PALOPO – Tim ‎Kedokteran dan Kesehatan (Dokkes) Polres Palopo melakukan pemeriksaan kesehatan kepada para Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) beserta para petugas pengamanan dalam proses rekapitulasi surat suara di tingkat Kecamatan se-Kota Palopo, Rabu (24/04/2019).

Paur Subbag Urkes Dokkes Polres Palopo Aipda Syirajuddin mengatakan, bahwa pemeriksaan kesehatan itu bertujuan untuk mengantisipasi adanya penyelenggara pemilu serta pihak pengamanan yang sakit saat proses rekapitulasi surat suara Pemilu 2019 di tingkat Kecamatan.

“Kita mengantisipasi adanya petugas PPK dan pengamanan yang drop karena begadang pada saat proses rekapitulsi surat suara, sehingga harus menjalani pemeriksaan kesehatah,” kata Aipda Syirajuddin.

Saat tim Dokkes melakukan pemeriksaan kesehatan, banyak petugas yang mengalami kelelahan, tetapi hasil pemeriksaan mayoritas ‎masih dalam batas toleransi dan beberapa petugas ditemukan menderita flu dan demam.

“Virus flu menyerang karena daya tahan tubuh sedang menurun sehingga diberikan suplemen vitamin sementara yang menderita demam juga diberikan obat,” tambahnya.

“Dari hasil pemeriksaan yang dilakukaan, tidak ada petugas yang mengalami drop dan harus menghentikan aktivitasnya. Mereka hanya sedikit kelelahan dan terserang flu dan demam, namun masih batas kewajaran,” terang Syirajuddin.

Tim Dokkes Polres Palopo, rencanya akan melakukan pemeriksaan setiap hari kepada para penyelenggara pemilu dan pihak pengamanan.

Bahkan rencananya, ada Tim Dokkes ini akan keliling ke sembilan kecamatan setiap harinya, untuk memastikan kondisi kesehatan bagi para PPK dan pengamanan tetap stabil.

“Untuk setiap harinya, ada tim yang akan keliling memantau disetiap kecamatan,” pungkasnya.

Diketahui, sejumlah penyelenggara pemilu dan petugas pengamanan (***)