PALOPO | TOPNEWS.co.id – Walikota Palopo, Drs. H. Muh. Judas Amir, bersama Kapolres Palopo, AKBP Alfian Nurnas, dan Kasdim 1403 SWG, Mayor Inf. Suparman, beserta rombongan melakukan kunjungan ke lokasi Kontrak Karya PT Maamun Dwi Area, di Kecamatan Latimojong, Kabupaten Luwu, Rabu (26/08/2020).

Kunjungan tersebut, terkait adanya potensi emas dikawasan Siguntu yang ada di Kelurahan Latuppa, Kota Palopo.

Menurut HM Judas Amir, potensi itu perlu mendapatkan petunjuk dan gambaran, apakah memang layak dikelola, dan
apakah jika dikelola akan mendatangkan kebaikan dan kemaslahatan atau justru mendapat keburukan dari pengelolaan (emas) yang dilakukan.

Dalam kunjungannya, Walikota Palopo dua periode itu meminta penjelasan terkait pengelolaan emas yang dilakukan PT Masmindo Dwi Area (MDA). Dimana MDA merupakan satu-satunya perusahaan pertambangan emas yang ada di Sulsel.

Pada kesempatan itu juga, Judas juga menyampaikan bahwa Pemkot Palopo akan bersurat ke Kementerian ESDM untuk meminta petunjuk terkait ini, dan bertemu dengan tim ahli dibidangnya.

“Sebelum itu, kami datang ke Masmindo, agar kami tahu cara-cara pertambangan emas itu seperti apa, dan bagaimana mekanismenya,” ungkap Judas Amir disela-sela kunjungannya.

Saat berkunjung ke PT Masmindo, Wakikota Palopo juga didampingi oleh Wakil Ketua DPRD Kota Palopo, Salam, Asisten I, sejumlah Pimpinan Perangkat Daerah Kota Palopo, Camat Mungkajang, Lurah Latuppa, Kabag Humas, Wahyuddin serta koordinator aksi Aliansi Peduli Lingkungan Hutan Lindung, Haerul Salim. (hms)