Bupati Luwu, Basmin Mattayang saat menyerahkan bantuan mobil ambulance kepada Kepala Puskesmas Kecamatan Latimojong, Bastem, Bastem Utara, serta Kecamatan Walenrang Barat, usai menggelar upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional, di Lapangan Upacara Kantor Bupati Luwu, Rabu (20/11/2019).

LUWU | TOPNEWS.co.id – Usai Upacara Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-55 Tahun 2019, Bupati Luwu, H Basmin Mattayang menyerahkan bantuan empat unit Mobil Ambulance jenis Double Gardan.

Bantuan tersebut, diterima langsung oleh masing-masing Kepala Puskesmas yang menjadi peruntukannya, yakni Kepala Puskesmas Latimojong, Bastem, Bastem Utara, dan Walenrang Barat.

Prosesi penyerahan bantuan yang turut disaksikan Ketua DPRD Luwu, Kapolres Luwu, dan Pabung Kodim 1403 Sawerigading Palopo, berlangsung di Lapangan Upacara Kantor Bupati Luwu di Belopa, Rabu (20/11/2019).

kepada empat Kepala Puskesmas penerima bantuan, Bupati Basmin menitip pesan agar merawat baik dan memanfaatkan mobil ambulance tersebut secara maksimal.

“Rawat dengan baik, kalau ada kerusakan atau goresan meski hanya seukuran helai rambut, langsung diperbaiki,” kata Basmin.

“Ingat, mobil ambulance ini diperuntukkan untuk segenap keluarga kita yang berada di Kecamatan Latimojong, Bastem, Bastem Utara, dan Walenrang Barat. Jadi kenyamanan dan keamanan mereka saat memanfaatkan layanan kendaraan ini menjadi sangat penting untuk diperhatikan,” tambahnya.

“Intinya, keberadaan empat unit Ambulance ini harus betul-betul dirasakan asas manfaatnya oleh segenap warga yang menjadi sasaran peruntukannya,” tegas Basmin Mattayang saat menyerahkan bantuan tersebut.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu, Basuki, menjelaskan bahwa bantuan empat unit Mobil Ambulance double gardan ini, merupakan wujud pemenuhan atau realisasi janji politik Bupati dan Wakil Bupati Luwu yang tertuang dalam RPJMD Kabupaten Luwu Tahun 2019 -2024.

Pengadaan keempat unit Ambulance tersebut, lanjut Basuki, bersumber dari Dana Alokasi Khusus Tahun Anggaran 2019.

“Realisasi unit Ambulance ini, berbasis kebutuhan masyarakat dan pemenuhan manfaat layanan, yang pengadaannya dilakukan secara bertahap. Di tahap awal, kita fokus pada wilayah kecamatan sulit atau terpencil, dan Alhamdulillah unitnya sudah diserahkan oleh Bupati Luwu beberapa menit lalu. Kemudian tahap selanjutnya, akan ditunaikan pada tahun 2020 hingga 2024 mendatang,” jelas Basuki.

Basuki juga menambahkan, capaian hasil yang diharapkan dari program penyediaan unit Ambulance ini, adalah terwujudnya pelayanan kesehatan yang paripurna bagi segenap masyarakat Kabupaten Luwu.

“Pengadaan Mobil Ambulance ini mengacu pada pemenuhan asas manfaat layanan publik. Jadi, penekanan realisasainya bukan pada jumlah unit, tapi fokus pada pemanfaatan unit yang berkorelasi pada peningkatan kualitas layanan. Insya Allah paling lambat di tahun 2024 mendatang, program pemenuhan kebutuhan layanan Ambulance ini sudah tuntas secara optimal. Dengan demikian, di akhir realisasi RPJMD Kabupaten Luwu 2019 -2024, tidak ada lagi satu pun wilayah di Kabupaten Luwu yang luput dari layanan unit Ambulance,” terang Basuki.

Dalam peringatan HKN ke-55 Tahun 2019 tersebut, Bupati Basmin juga menyerahkan piagam penghargaan kepada sejumlah Pegawai Puskesmas di Kabupaten Luwu yang berprestasi. (Hms)