MAKASSAR | TOP-NEWS.co.id – Pelayanan publik yang inovatif sesungguhnya adalah wajah pemerintah yang begitu nyata terlihat, sekaligus sebuah strategi pelayanan yang bisa menjawab kebutuhan mendasar masyarakat secara lebih cepat, mudah, murah, dan pastinya memuaskan.

Inovasi ANC Hipnoterapi adalah contoh sukses sebuah inovasi yang dilahirkan Pemda Luwu Utara guna menjawab permasalahan, terkait tingginya angka kematian ibu hamil dan bayi.

Inovasi ini adalah inovasi bersifat “outstanding” alias terpuji, dan masuk ke dalam TOP 40 Inovasi Pelayanan Publik Terbaik di Indonesia.

Cerita sukses ANC Hipnoterapi rupanya menginspirasi Wakil Bupati Luwu Utara, Suaib Mansur, untuk kembali mengangkat kesuksesan inovasi ini.

Usai penandatanganan MoU bersama LAN-RI, tentang Penguatan Kapasitas Pemerintah Kabupaten Luwu Utara melalui Penyelenggaraan Kegiatan Kajian Kebijakan, Inovasi, Pelatihan dan Pengembangan Kompetensi, serta Pendidikan Tinggi, di Puslatbang KMP LAN, Makassar, Kamis (25/3/2021), Suaib menyebutkan bahwa ANC Hipnoterapi adalah inovasi yang sudah mewakili Indonesia di kompetisi inovasi tingkat dunia, UNPSA, dan bersanding dengan inovasi dari negara lain.

“Ada inovasi kami sempat menembus TOP 40 Kementerian PAN-RB dan mewakili Indonesia untuk disandingkan dengan negara lain, tapi kami tak ingin berhenti sampai di situ. Kami ingin, atas bimbingan dan kerja sama kita, akan lahir penyelenggaraan pemerintahan yang efektif dan efesien di Luwu Utara,” harap Suaib.

Untuk itu, kata dia, yang terpenting dari sebuah inovasi adalah keberlanjutannya.

“Dari semua apa yang kita capai saat ini, kami tidak ingin berhenti sampai di sini. Kami ingin mewariskan apa yang dirintis ke depan, sehingga keberlanjutan inovasi menjadi hal yang mutlak dalam roda pemerintahan,” imbuh dia.

Mantan Kadis PUPR ini juga menyambut baik kerjasama yang terbangun bersama LAN-RI. “Kami bersyukur, kerjasama kami dengan LAN-RI melalui MoU terlaksana dengan baik. Kami berharap, capaian-capaian yang telah kami raih selama ini dapat ditingkatkan dan membawa berkah dengan adanya kerjasama yang kita bangun.

Diketahui, kegiatan ini juga dirangkaikan dengan Pembukaan Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan VII Tahun 2021.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kepala LAN-RI, Kepala BKPSDM Sulsel mewakili Plt Gubernur, Walikota Bau Bau, Bupati Pangkep dan Bupati Buton Selatan. (PKP/LH)