PALOPO | TOPNEWS.co.id – Sekolah Mengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Palopo tahun ini akan membuka tiga jurusan baru. Salah satu jurusan yang dibuka ialah Akomodasi Perhotelan.

Selain karena jumlah calon siswa yang mendaftar tiap tahun bertambah, jurusan perhotelan dianggap mampu menyerap tenaga kerja di masa mendatang. Tahun ini, SMKN 1 Palopo bakal menampung peserta didik baru sebanyak 560 siswa dengan jumlah kelas/rombel sebanyak 16.
Hal ini sesuai dengan jumlah rombel yang tamat tahun ini.

“Jurusan Perhotelan di SMKN 1 Palopo bukanlah sesuatu yang baru, jurusan ini sudah ada sebelum tahun 2014, dan alumninya sudah banyak tersebar dan bekerja di hotel hotel bintang 4 dan 5 di Sulsel dan luar Sulsel, bahkan ada yang bekerja di luar negeri utamanya kapal pesiar,” ujar Ilham Ibrahim, Ketua Jurusan Perhotelan.

Prospek Alumni Perhotelan di dunia industri sangat menjanjikan. Hal ini dikarena siswa Perhotelan selama tiga tahun sekolah dibekali dengan keahlian yang sesuai dengan perkembangan zaman.

“Ada beberapa keahlian yang akan siswa dapatkan selama sekolah, di antaranya komunikasi industri perhotelan dengan sub keahlian industri perhotelan, bellman/porter, etika komunikasi, sanitasi, hygiene, dan keselamatan kerja,” ujarnya.

Selain itu siswa juga dibekali tata graha dengan sub keahlian Room Attendant, Public Area, Laundry, klerikal. Front Office dengan sub keahlian Reservations, Cashiering, Telephone Operator juga diajarkan.

“Ada juga Binatu, Pengembangan Produk Kreatif, dan Bahasa Jepang,” katanya.

Jika telah tamat, siswa dapat bekerja sebagai tenaga handal dalam bidang perhotelan. Selain itu siswa dapat pula dapat bekerja di Industri Restoran, Chef , Wedding Organize , Resepsionis, Travel Agen, Barista, Customer Service, Tour Guide, dan wirausaha.

“Jadi bagi calon peserta didik tidak rugi mendaftar di SMKN 1 PALOPO pada jurusan Perhotelan. Ayo buruan mendaftar,” pungkasnya. (cha)