alopo – Siswa SMK Negeri 1 Kota Palopo, Andika Putra, mewakili Sulawesi Selatan dalam ajang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (02SN) Pencak Silat di Aceh.

Rencananya pertandingan itu akan dihelat mulai 25 – 31 Agustus 2019.

Siswa kelas XI jurusan Akuntasi ini sebelumnya, berhasil meraih juara 1 pencak silat dan seni kelas D (51-55 kg) putra tingkat Sulsel.

“Setelah meraih juara, siswa kami akan mewakili Sulsel dalam ajang berikutnya,” kata Kepala Sekolah SMKN 1 Palopo, Ridwan Rajab.

Ridwan mengaku bersyukur, siswanya bisa mengharumkan nama sekolah sekaligus nama daerah.

“Kami bersyukur berkat siswa kami berhasil mendapatkan juara tersebut, ini berkat keuletan, kedisiplinan dari siswa itu sendiri, ditambah dengan dorongan, motivasi dari pelatih, dan seluruh Guru SMK 1 PALOPO,” paparnya.

“Kedepan pondasi Pengembangan SDM guru dan siswa yang telah dicanangkan melalui kepemimpinan sebelumnya, akan terus kami kuatkan dan kembangkan, sampai target jangka panjang bisa tercapai, Insya Allah,” lanjutnya.

Andika sendiri mengaku, akan mempersiapkan segalanya agar prestasinya dapat bersinar di 02SN tingkat Nasional.

“Tentunya akan banyak berlatih lagi. Tidak boleh sombong dan pandang remeh seseorang. Karena setiap orang punya kelebihan dan kekurangan,” katanya.

Selain Andika Putra, SMKN 1 Palopo memiliki siswa lain yang turut mempersembahkan medali untuk sekolah.

Alifka Sugianti kelas XI Teknik Komputer Jaringan, Breis Exceltis dan Kamelia Sukardi dalam bidang karate dan pencak silat, yang masing masing mendapatkan juara II putri kategori tanding dan seni.