LUTIM – Bupati Luwu Timur, HM Thoriq Husler silaturahmi ke rumah Sadirah (52) salah satu warga penerima bantuan sosial di Desa Wanasari Kecamatan Angkona, Sabtu (21/12/2019).

Kedatangan orang nomor satu di Luwu Timur ini untuk mengantarkan bantuan sosial sekaligus melihat langsung kondisi penerima yang terdaftar dalam Basis Data Terpadu (BDT) Dinas Sosial dan P3A Kabupaten Luwu Timur.

Husler mengatakan, bantuan pangan dan peralatan dapur ini merupakan wujud dari kepedulian Pemerintah daerah untuk warga kurang mampu. “Semoga bantuan sosial ini mampu mengurangi beban warga yang kurang mampu,” kata Bupati.

Usai menyerahkan bantuan, Bupati meminta kepada Dinas Sosial setempat untuk mendata warga yang kurang mampu yang tidak terdata di dalam program jaring pengaman sosial dari Pemerintah pusat agar dapat dimasukkan dalam Basis Data Terpadu (BDT) Dinas Sosial untuk diberikan bantuan.

Sementara Kadis Sosial dan P3A Kabupaten Luwu Timur, Sukarti menuturkan, pihaknya akan terus mendata warga yang masuk kategori penyandang resiko sosial.

Dirinya mengakui, bantuan jaring sosial dari pusat telah berdampak baik bagi kesejahteran warga kurang mampu. Namun tidak menutup kemungkinan ada warga yang masih tertinggal dan tidak terdata.

“Meskipun ada berbagai program jaring pengaman sosial dari Pemerintah pusat maupun Pemerintah provinsi, namun dana bantuan yang disalurkan ini merupakan bantuan cadangan strategis yang ada di Dinas Sosial,” kata Sukarti.

“Pendataan dan pengamatan terus kami lakukan agar bantuan yang diberikan tepat sasaran,” tuturnya. (hms/ikp/kominfo)