Wakil Bupati Luwu, Syukur Bijak menyerahkan Bantuan Langsung Tunai - Dana Desa (BLT-DD) kepada warga terdampak Covid-19 di Desa Sangtandung, Kecamatan Walenrang Utara, Kabupaten Luwu, Kamis (21/06/2020) siang.

LUWU | TOPNEWS.co.id – Wakil Bupati Luwu, Syukur Bijak menyerahkan Bantuan Langsung Tunai – Dana Desa (BLT-DD) kepada warga terdampak Covid-19 di Desa Sangtandung, Kecamatan Walenrang Utara, Kabupaten Luwu, Kamis (21/06/2020) siang.

Dalam arahannya, Syukur Bijak mengatakan, bahwa terkait dengan pembagian BLT-DD ini banyak masalah yang timbul dan bukan hanya di Desa Sangtandung saja, namun menyeluruh secara nasional. Sehingga hal ini harus dihadapi dengan baik, terutama masalah pendataan.

“Jadi kalau ada masalah pendataan terkait dengan bantuan BLT-DD sebaiknya dibicarakan baik-baik dengan pemerintah setempat, yakni Pak Desa dan jajarannya. Namun harus mengikuti prosedur yang ada,” kata Syukur Bijak.

Selain itu, kata Siku sapaan akrab Wakil Bupati Luwu, bahwa mengenai virus Corona masyarakat harus betul-betul mengikuti imbauan pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran virus mematikan itu.

“Untuk memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19 kita harus mematuhi imbauan pemerintah. Seperti menggunakan masker, tinggal di rumah, banyak cuci tangan, jaga jarak dan hindari berkumpul,” terang Wakil Bupati Luwu, pasangan Basmin Mattayang itu.

Ia juga menegaskan, komplik yang terjadi di kalangan masyarakat terkait dengan perbedaan pilihan agar menyudahi hal tersebut dan mengajak untuk bersatu melawan virus Corona yang sudah mewabah di Kabupaten Luwu.

Usai memberikan arahan, Syukur Bijak kemudian melanjutkan dengan menyerahkan bantuan BLT-DD secara simbolik kepada sejumlah penerimaan manfaat bantuan tersebut.

Sebelumnya, Kepala Desa Sangtandung, Isran Kadir Passan mengatakan, bahwa terkait dengan pembagian BLT-DD ini tidak semua warga mendapatkan.

“Jadi PNS, penerimaan bantuan PKH sudah tidak dapat bantuan BLT-DD,” kata Isran.

Ia menambahkan, jika ada warga yang belum terdata agar segerah laporkan kepada pemerintah desa yang kemudian akan dilanjutkan ke pemerintah kabupaten.

“Pendataan dilakukan oleh setiap Kepala Dusun, sehingga jika ada belum terdata agar segerah melapor,” tandasnya.

Diketahui, pada cara penyerahan BLT di Desa Sangtandung tersebut, warga tetap menjalankan prosedur Covid-19 dengan menjaga jarak, dan menggunakan masker.

Selain Wakil Bupati Luwu, kegiatan ini juga dihadiri oleh Camat Walenrang Utara, Babinkhamtibmas, Babinsa, Pendamping Desa serta warga penerima bantuan. (**)