Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani menyerahkan BLT-DD secara simbolis di Desa Terpedo Jaya

LUTRA|TOP-NEWS.co.id – 96% penduduk Desa Terpedo Jaya Kecamatan Sabbang Selatan menerima bantuan dari pemerintah.

Hal itu berdasarkan data yang dilaporkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Misbah, sesaat sebelum Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani menyerahkan secara simbolis Bantuan Langsung Tunai – Dana Desa (BLT-DD) bagi warga terdampak pandemi covid-19, Senin (18/5) di Kantor Desa Terpedo Jaya.

“884 dari total 917 penduduk desa mendapat bantuan dari pemerintah dengan rincian BLT-DD 282 orang, BST (Bantuan Sosial Tunai) 88 orang, PKH (Program Keluarga Harapan) 134 orang, KKS 146 orang, BPNT 240 orang atau jika dipersentasekan secara keseluruhan 96%,” terang Misbah.

Dari data tersebut, Bupati Indah saat memberikan arahan menuturkan, tingkat persentase penerima bantuan harus sejalan dengan kepatuhan masyarakat utamanya dalam memutus mata rantai penyebaran covid-19.

“Bantuan ini sejatinya adalah uang rakyat yang dititip melalui negara, dan kembali diperuntukkan bagi rakyat yang memang bersyarat dan berhak menerima bantuan. Untuk itu, mari bantu pemerintah, jika 96% masyarakat menerima bantuan, maka 96% masyarakat juga harus patuh utamanya memakai masker ketika berada di luar rumah, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, dan tentunya menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS),” tutur bupati yang karib disapa IDP ini.

Selain kepatuhan masyarakat, IDP menegaskan peruntukkan BLT-DD adalah untuk memenuhi kebutuhan pokok masyarakat.

“Peruntukkan bantuan ini adalah untuk memenuhi kebutuhan pokok. Tidak untuk beli pulsa data apalagi rokok. Usahakan beli bahan makanan yang bergizi, juga vitamin, agar daya tahan tubuh bapak/ibu tetap terjaga,” pinta IDP didampingi Kajari Luwu Utara Indawan Kuswadi.

Selain di Desa Terpedo Jaya, IDP juga menyalurkan BLT-DD di Desa Pompaniki pagi tadi. Kemudian akan dilanjutkan di Desa Rampoang Kecamatan Tanalili, siang nanti. (Rn)