MAROS | TOPNEWS co.id – Pelantikan DPD II Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Maros berlangsung unik dari beberapa Kabupeten yang di Lantik sebelumnya. Dimana Ketua KNPI DPD I Sulawesi Selatan, Arham Basmin di undang untuk silaturahmi di Balla Lompoa.

Setibanya di Balla Lompoa Arham Basmin di pasangkan Songkok Reccak oleh Andi Abdul Waris Tadjuddin Karaeng Sioja.

Dalam arahannya Karaeng Sioja mengatakan, bahwa sangat berbahagia karena induk dari organisasi KNPI di Sulsel ini bersedia hadir di rumah Balla Lompoa Maros.

“Sesungguhnya kunjungan ini adalah hari yang istimewa karena momentum ini bersamaan 1 Muharram. Selain itu, sebentar malam juga di Rumah Balla Lompoa ini akan ada kegiatan yang lebih khas, yaitu pegawai kekaraengan berkumpul di rumah ini untuk melaksanakan Zikir Bulan 1 Muharram memohon doa tolak bala,” kata Karaeng Sioja.

“Olehnya itu, jujur saja bahwa kebanggan ini sangat lengkap bagi saya karena organisasi pemuda yang bernama KNPI induk dari organisasi kepemudaan di Sulsel ini berkunjung di rumah Balla Lompoa,” tambahnya.

Menurutnya, memang sepatutnya anak muda harus menjujung tinggi nilai budaya Mappatabe atau sungkeman dan apa yang dilakukan oleh KNPI Sulsel adalah sebuah sikap untuk menghargai orangtua.

“Percayalah Arham Basmin dan rombongan Insyah Allah niscaya akan selamat menyelesaikan amanah,” terangnya.

“Pesan moral saya, bahwa sekiranya anak saya Arham Basmin ini harus menjunjung tinggi filosofi batang lidih, di mana batang lidih jika di urai menjadi satu persatu maka dia akan goyah, tetapi jika ia di ikat kuat untuk berhimpun maka percayalah kita akan kuat, dan mampu menerobos seluruh rintangan yang kita hadapi,” pesannya kepada Ketua KNPI Sulsel.

Sementara itu, Arham Basmin Mattayang mengatakan, bahwa terima kasih kepada yang mulia Karaeng Musu. Salah satu tugas dan tanggung jawab kami di Pemuda KNPI Sulsel yakni menjaga Culture, menjaga budaya adat istiadat.

“Nilai budaya ini harus di pertahankan dan menjadi wajib bagi KNPI Sulsel baik itu pengurus DPD I KNPI Sulsel maupun pengurus KNPI di 24 kabupaten/kota untuk selalu menjaga amanah leluhur dalam hal adat-istiadat,” kata Arham Basmin.

Olehnya, itu di akhir pesan Arham Basmin beliau memohon kepada Karaeng Marusu’ untuk membimbing dan menjaga para pemuda yang ada di Kab. Maros.

“Saya berharap adik-adik kami dibimbing dan dijaga agar mereka selalu menjalankan hal-hal yang positif untuk kemajuan daerah yang ada di Sulsel, terkhusus di Kabupaten Maros,” pesan Arham.

Dalam kunjungannya ke Ballo Lompoa, Arham Basmin didampingi oleh sejumlah pengurus KNPI Sulsel, serta pengurus KNPI Kab. Maros. (**)