LUTIM|TOPNEWS.co.id – Rusandi, staf Dinas Pendidikan Kabupaten Luwu Timur, menjadi satu-satunya peserta dari Sulsel pada kegiatan Judge College dan coaches clinic atau kenaikan tingkat level 2 Juri Asia Marching Band Drum Corp Asia. Kegiatan ini digelar di Hotel Amaris, Kemang Jakarta dari tanggal 29-31 juli 2019.

Putra asli Desa Lumbewe, Kecamatan Burau ini hadir mewakili Sulsel bersama peserta lainnya dari 12 Provinsi se-Indonesia dan dua negara tetangga yakni Malaysia dan Thailand. Pada kesempatan ini, materi dibawakan oleh Bob Thomas dari Amerika Serikat.

Keikusertaan Rusandi dalam kegiatan ini bukan tanpa alasan, alumi MTs Lauwo ini tahun 2018 lalu berhasil membawa SMPN 1 Malili sukses berada di peringkat 5 se-Indonesia Timur dalam ajang Akkarena 4 dan tahun ini juga akan berkompetisi lagi dalam kompetesi Akkarena 5.

Dikonfirmasi di sela-sela kegiatannya di Jakarta, pelatih Marching Band asal Luwu Timur ini mengatakan bahwa, misi Drum Corp Asia adalah untuk memberikan pengalaman pendidikan bagi Asian Marching Bands yang mempromosikan pertumbuhan dan perkembangan aktivitas marching band di Asia.

Sedangkan tujuannya adalah untuk menyediakan lokakarya pendidikan untuk direktur, desainer, pelatih, promotor kontes dan juri, sekaligus untuk menyediakan sistem penilaian yang dirancang khusus untuk Asia yang mudah dipahami dengan biaya yang adil, memberikan pengetahuan kepada juri Marching Band yang berkualitas dan bersertifikat sekaligus disertifikasi oleh sistem penilaian.

Untuk itu, Rusandi berharap Pemerintah daerah dapat mensuport kegiatan ini dalam rangka memajukan kreatifitas siswa dalam bidang seni, utamanya Marching Band. (ikp/kominfo)