PALOPO | TOPNEWS.co.id – Walikota Palopo, Sulawesi Selatan (Sulsel), Drs. H. Judas Amir, MH, meresmikan Gedung PSC 119 JA Kota Palopo, di JL. Manennungen, Kecamatan Wara, Rabu (13/01/2021).

Dalam sambutannya, HM Judas Amir, menyampaikan semoga upaya yang telah kita lakukan ini dapat lebih baik kedepan dan ini semua untuk kemanusiaan.

Walikota juga berharap tempat seperti ini dapat dibuat ditempat lain lagi karena kita ini merupakan bagian dari masyarakat jika masyarakat kita sudah baik berarti kita pun ikut baik.

“Mengapa kemudian hal seperti ini ada karena kita tidak ingin ada masyarakat yang sakit dirumahnya tidak bisa ke pelayanan kesehatan karena tidak memiliki biaya,” ungkap Walikota dua periode itu.

“Ada dokter yang memeriksa jika masih bisa di rawat dirumah sebaiknya di rawat dirumah dan awal dibentuk dan didirikan gedung ini jangan ada yang berubah,” jelasnya.

Walikota juga menegaskan, untuk RS yang menerima pasien Covid jangan lepas tangan pada saat ada kejadian dan ada yang meninggal kemudian ada yang lepas tangan.

“Pihak RS harus bertanggungjawab untuk menyelesaikan sampai di makamkan secara baik,” tegas Judas Amir.

Usai Walikota memberikan sambutannya, kegiatan kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita sebagai tanda diresmikannya Gedung PSC 119 JA.

Kemudian Walikota Palopo bersama Sekertaris Daerah, Plt.Kepal Dinas Kesehatan Kota Palopo melakukan kunjungannya ke RSUD dr. Palemmai Tandi Palopo.

Sebelumnya, Plt.Kepala Dinas Kesehatan Kota Palopo Taufik, S.Kep.,Ners, M.Kes menyampaikan PSC 119 JA ini merupakan inovasi dari Kementerian kesehatan melalui Pemerintah pusat yang diamanahkan ke setiap daerah untuk dibentuk.

“Kemudian merupakan inovasi Pemerintah Kota melalui Walikota Palopo dan hal ini sifatnya untuk membantu masyarakat secara umum khususnya dalam keadaan gawat darurat,” kata Taufik.

Ia juga mengatakan, bahwa PSC 119 JA memiliki kepengurusan tersendiri yang melibatkan hampir seluruh dinas yang ada di Kota Palopo yang terkait dengan gawat darurat.

“Mitra dari PSC ini dinas sosial, polisi Pamong praja, Tni/polri, Tagana dan mitra lainnya semua ini mitra kerja yang saling berkomunikasi, berkoordinasi setiap ada kegiatan,” ungkapnya.

“Dengan harapan tidak hanya orang sakit yang dilayani dengan baik tapi juga kegiatan lainnya yang sifatnya kegawat daruratan,” harapnya.

“Dan psc ini hadir untuk melayani masyarakat menjemput dan mengantar pasien yang sakit dari rumah ke rumah sakit untuk pengobatan,” tandasnya Taufik.

Selain Walikota Palopo Hadir Pula Sekertaris Daerah Kota Palopo, Drs. Firmanza DP, SH., M.Si, Ketua Pengadilan Negeri Palopo Hasanuddin M, SH., MH, Kasatpol PP Kota Palopo Ade Chandra, Kadis Sosial Awaluddin, Kepala bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Palopo Wahyudin serta para dokter dan perawat PSC 119 JA. (prokopim)