Kepala Dinas Pendidikan Luwu, Hasbullah, saat dikonfirmasi pada Rabu (24/02/2021).

LUWU | TOP-NEWS.co.id – Dinas Pendidikan Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan (Sulsel), programkan rehab dan merenovasi sekolah pada tahun 2021 ini. Rehabilitasi tersebut terdiri dari 16 SMP dan 44 SD yang tersebar di beberapa kecamatan.

”Kita menyiapkan anggaran sekitar Rp 20 miliar lebih untuk renovasi dan rehabilitasi tahun ini. Anggarannya bersumber dari DAK/DAU,” kata Kepala Dinas Pendidikan Luwu, Hasbullah, Rabu (24/02/2021).

Menurut Hasbullah, hal ini dilakukan guna memaksimalkan program belajar-mengajar di sekolah. Apalagi, kata dia sejumlah sekolah yang ada di Kabupaten Luwu sudah mengalami kerusakan sehingga mendesak untuk segera dilakukan renovasi dan rehabilitasi.

Kepala Bidang SMP pada Dinas Pendidikan Luwu, Andi Tenri Waru menjelaskan, dalam waktu dekat, rehab sekolah akan segera dilelang.

”Rata-rata pekerjaannya adalah rehab ruang kelas. Total anggaran untuk rehab SMP sebesar Rp 16.126.870.350,” katanya.

Adapun untuk SD, menurut Kepala Bidang SD pada Dinas Pendidikan Luwu, Padli Padlan Noor, total anggarannya sebesar Rp 8.824.630.467. Item kegiatannya antara lain, rehabilitasi ruang belajar, rehabilitasi toilet (Jamban) dengan tingkat kerusakan minimal sedang beserta sanitasinya, pembangunan ruang Unit Kesehatan (UKS) dan lainnya sebagai sarana penunjang proses belajar.

“Anggaran tiap sekolah bervariasi. Ada juga renovasi ruang guru, pembangunan ruang laboratorium komputer dan lainnya,” tandasnya. (kominfo)