PALOPO – Balai Riset Perikanan Budidaya Air Payau dan Penyuluhan Perikanan bekerjasama dengan Dinas Perikanan Kota Palopo menggelar Workshop Hasil Riset Pemanfaatan dan Pengembangan Webgis Sipetak untuk Repository Big Data Tambak Air Payau, yang dilaksanakan di Auditorium Saokotae, Senin (13/07/2020).

Laporan Kepala Dinas Perikanan Kota Palopo Hj. Nurlaeli menyampaikan apresiasinya dipilihnya Palopo sebagai lokus untuk melaksanakan workshop Hasil Riset Pemanfaatan dan Pengembangan Webgis Sipetak untuk Repository Big Data Tambak Air Payau. Kegiatan ini merupakan kegiatan luar biasa karena pengolahan tambak khususnya di kota Palopo produksinya sangat rendah sehingga dengan adanya workshop ini dapat memberikan pengetahuan yang baru bagi penyuluh agar dapat menjawab permasalahan yang akan muncul.

Mewakili Walikota Palopo, Sekertaris Daerah Kota Palopo, Firmanza DP saat membuka acara menyampaikan bahwa yang diketahui berbagai kendala teknis dalam pengelolaan tambak banyak dijumpai diantaranya adalah desain saluran dan layout tambak yang kurang efektif sehingga menyulitkan dalam pengelolaan lahan.

“Proses bimbingan teknis peningkatan produktivitas lahan budidaya juga masih bersifat parsial dan cenderung tidak terkoordinasi sehingga kelebihan dan kekurangan dari teknologi yang diterapkan juga hanya dapat diketahui oleh kelompok petambak tertentu,” ungkap Sekda.

Dia menambahkan dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat saat ini telah mendorong berbagai pihak untuk memecahkan berbagai masalah termasuk masalah dalam pengelolaan lahan tambak dengan hadirnya aplikasi webgis sipetak yang hari ini akan kita pelajari melalui kegiatan workshop pemanfaatan dan pengembangan webgis sipetak semoga workshop ini dapat memberikan manfaat khususnya bagi masyarakat Kota Palopo.

“Jika segala permasalahan dapat diatasi, semoga saja produksi para petambak kita meningkat. Dengan begitu, perekonomiaan mereka juga pasti meningkat. Secara tidak langsung berdampak positif bagi kemajuan Kota Palopo dalam hal tambak,” harapnya.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan RI KKP Prof. Ir. Syarief Widjaya, Ph. D.,Frina, Kepala Pusat Perikanan KKP DR. Bambang Suprakto, A. Pi, S. Pi. M. T. Melalui Aplikasi Zoom meeting.

Selain Sekda Kota Palopo acara tersebut dihadiri pula Kepala balai riset perikanan budidaya air payau dan penyuluhan perikanan Andi Indra Jaya asaad, S.Pi., M.Sc, Para Tim peneliti, para penyuluh serta undangan lainnya. (hms)