PALOPO | TOPNEWS.co.id – Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Pengurus Daerah Persatuan Perusahaan Air Minum (Perpamsi) Sulawesi Selatan Tahun 2020, di Aula PAM Tirta Mangkaluku, Jl. Pongsimpin, Kota Palopo, Sabtu (22/08/2020).

Wakil Walikota Palopo Ir. H.Rahmat Masri Bandaso, M.Si Mewakili Wali Kota Palopo dalam sambutannya sekaligus membuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) menyampaikan bahwa jika kita berbicara mengenai masalah perusahaan air minum pasti akan ada sosialnya.

“Oleh karena itu untuk kita maju bersama kita di haruskan berkolaborasi, karena jaman ini kita berada pada generasi-generasi yang suka dengan kolaborasi,” pungkasnya.

Lanjutnya, Dari kolaborasi itu akan muncul strategi-strategi bagaimana memberikan pelayanan terbaik, bagaimana mempertahankan air baku kita.

Wakil Walikota juga mengatakan Palopo memiliki sumber air baku yang cukup banyak dan cukup besar, tetapi ini masih menjadi kendala karena pertumbuhan penduduk kita yang begitu cepat.

“Oleh karena itu, dibutuhkan memang sumber strategi, agar bagaimana kedepan sumber air baku tetap kita andalkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,” ucapnya.

Wakil Walikota juga berharap kepada masyarakat agar bagaimana supaya masyarakat dapat menggunakan air tidak se-enaknya atau dapat memperhitungkan agar bisa hemat dan cerdas menggunakan air.

“Mudah-mudahan dengan adanya rakerda ini dapat bermanfaat terkait dengan bagaimana kita mengamankan sumber air dan pelayanan,” harap Wakil Walikota Palopo, yang akrab disapa RMB.

Sementara itu pula Ketua Pengurus Daerah Perpamsi Sulawesi Selatan H. Hasanuddin Kamal, SH.MH mengatakan bahwa Palopo ini memang air bakunya cukup baik dengan sistem grafitasi ini membuat pengelolaannya lebih enak dan enjoy.

Rakerda dengan tema “Ketahanan Air Wujud Kesejahteraan Rakyat” pertama kali di laksanakan di luar Kota Makassar dan menunjuk Kota Palopo sebagai tuan rumah, karena PDAM Kota Palopo mempunyai kinerja yang cukup baik sudah di atas 80%.

Lanjutnya, di dalam rapat kerja ini kita akan berbicara banyak hal sehingga kita berharap kedepan PDAM Sulawesi Selatan minimal bisa seperti Palopo yang sudah 80%, jika sudah 80% maka penduduk itu pasti akan lebih sehat dan masyarakat terlayani kebutuhan dasarnya.

“Olehnya itu mari kita bersama-sama bekerja semangat, dan saya menghargai semangat teman-teman, kebersamaan seluruh jajaran PDAM Sulawesi Selatan,” jelas Hasanuddin Kamal.

Dalam acara tersebut, juga dilakukan penyerahan cinderamata oleh Direktur Utama PERUMDA air minum TM Kota Palopo ke Wakil Walikota Palopo dan Ke Ketua DPD PERPAMSI Sulsel, kemudian dilanjutkan dengan penyerahan bantuan dari Perpamsi Sulsel ke PDAM Bantaeng, PDAM Jeneponto dan PDAM Luwu Utara serta Penyerahan Bantuan dari Bank Jawa Barat kepada korban bencana Luwu Utara.

Turut hadir dalam Rekerda Direktur utama PAM Tirta Mangkaluku sekaligus Wakil Ketua DPD Perpamsi Sulsel H.Yasir, SE, MM, AK.PIA, seluruh perwakilan pengurus daerah Perpamsi se-Sulsel dan Kepala Balai Wilayah Sungai Pompengan-Jeneberang, Balai permukiman prasarana cipta karya Provinsi Sulawesi Selatan serta dari Bank BJB Jawa Barat. (hms)