PALOPO | TOPNEWS.co.id – Pemerintah Kota Palopo, Sulawesi Selatan (Sulsel), memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2021 dengan memungut sampah di perairan laut teluk Bone.

Dengan mengangkat tema “Sampah Bahan Baku Ekonomi di Masa Pandemi” kegiatan HPSN 2021 ini dipusatkan di Pelabuhan Tanjung Ringgit Kota Palopo, Jumat (19/02/2021).

Pada peringatan itu, dicanangkan pula gerakan “Kita Bersama Palopo Bersih Tahun 2021”.

Kegiatan yang diawali dengan long march yang start didepan Kantor dinas lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Palopo, menuju Jl. A. Djemma, melewati Jl. A. Tanda, Jl Carede dan berakhir di Pelabuhan Tanjung Ringgit Palopo.

Peserta long march memungut sampah dan memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang sampah dan kebersihan sepanjang jalan yang dilalui.

Setelah sampai di Pelataran Tanjung Ringgit Palopo, kemudian digelar apel bersama dan dilakukan penandatanganan naskah pencanangan gerakan kita bersama palopo bersih tahun 2021.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Palopo, Hj. Sitti Baderia, S.Pd.,M.Si menyampaikan, bahwa HPSN 2021 itu sebagai tahapan menuju Kota Palopo sebagai kota masa depan yang penuh harapan.

“Berdasarkan Surat Edaran Menteri LHK, Siti Nurbaya, tujuan dari peringatan itu yakni memperkuat komitmen dan peran aktif pemerintah daerah dalam melaksanakan pengelolaan sampah dengan menjadikan sampah sebagai bahan baku ekonomi, Memperkuat partisipasi publik dalam upaya menjadikan sampah sebagai bahan baku ekonomi melalui gerakan memilah sampah serta Memperkuat komitmen dan peran aktif produsen dan pelaku usaha lainnya dalam implementasi bisnis hijau (green business) dengan menjadikan sampah sebagai bahan baku ekonomi,” ungkap Sitti Baderia dalam sambutannya.

Selain itu, DLH Kota Palopo juga telah melakukan kegiatan penunjang seperti gerakan penanaman pohon untuk kurangi efek rumah kaca, gerakan kita bersama palopo bersih dengan memilah sampah dari rumah dan menghimbau  ASN dan non asn pemkot palopo untuk jadi nasabah bank sampah.

“Kita juga telah membentuk Satgas sampah dan mengintegrasikan bank sampah dengan posyandu kelurahan,” jelas Hj. Siti Baderiah.

Sementara itu, Walikota Palopo dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan oleh Kepala Badan Kesbangpol Kota Palopo, H. Baso Sulaiman, mengungkapkan bahwa HPSN 2021 harus menjadi babak baru  pengelolaan sampah di Kota Palopo dan secara nasional.

“Dengan menjadikan sampah sebagai bahan baku ekonomi Indonesia. Tak hanya itu, Walikota palopo juga menekankan bahwa pengelolaan sampah harus menjadi perhatian utama seluruh komponen masyarakat,” kata Baso Sulaiman.

“Pemerintah tentu tak bisa bekerja sendiri tanpa pelibatan seluruh elemen masyarakat,” sambungnya.

Kegiatan tersebut juga diikuti oleh
Ketua TP PKK, Hj. Utiasari Judas, unsur Forkopimda Palopo, Pimpinan Perangkat Daerah, Camat dan Lurah serta sejumlah organisasi lingkup Pemkot Palopo. (prokopim)