LUWU UTARA | TOPNEWS.co.id – Pejabat sementara (Pjs) Bupati Luwu Utara, Sulsel, Muhammad Iqbal Suhaeb melakukan Ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Masamba, di Kelurahan Kappuna Kecamatan Masamba, Selasa (10/11/2020).

Ziarah ke TMP ini adalah rangkaian Peringatan Hari Pahmawan ke-75 yang diperingati secara sedernaha karena masih di tengah suasana pandemi Covidp-19.

Ziarah ke TMP juga dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan (protkes) Covid-19, serta pejabat yang hadir juga dibatasi.

Kendati demikian, tidak mengurangi jalannya pelaksanaan ziarah yang berlangsung penuh khidmat. Pjs Bupati Iqbal Suaheb menjadi inspektur upacara (irup) pada Ziarah ke TMP dalam rangka Peringatan Hari Pahlawan ke-75 tahun 2020 kali ini.

Hari Pahlawan kali ini mengambil tema “Pahlawanku Sepanjang Masa”. Usai ziarah, Iqbal Suhaeb mengatakan bahwa Hari Pahlawan adalah sebuah momentum kolosal para pejuang kemerdekaan yang harus diingat kembali jasa-jasanya di dalam memperjuangkan Negara Kesatuan Republik Indonesia, sehingga bisa tegak berdiri sebagai sebuah negara berdaulat.

“Hari ini kita kembali mengingat jasa para pahlawan kita. Apalagi yang ada di Taman Makam Pahlawan di Kabupaten Luwu Utara ini adalah para pahlawan yang sebagian besar telah ikut memperjuangkan kemerdekaan negara Republik Indonesia, sehingga bisa terlepas dan bebas dari berbagai macam penjajahan yang ada,” jelas mantan Penjabat Wali Kota Makassar ini.

Untuk itu, melalui momentum Hari Pahlawan, ia berharap semangat juang dan jiwa nasionalisme para pahlawan terdahulu bisa terpatri dalam jiwa para generasi muda yang notabene penerus perjuangan kemerdekaan.

“Melalui Hari Pahlawan ini, apa yang menjadi semangat mereka dapat juga tercermin kepada generasi-generasi selanjutnya,” harapnya.

Turut hadir dalam ziarah ke TMP ini, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Luwu Utara Armiady, Kapolres Luwu Utara AKBP. Irwan Sunuddin, Ketua Pengadilan Negeri Oki Basuki Racmat serta para Kepala Perangkat Daerah (PD) lingkup Pemda Lutra. Adapun peserta upacara, dari Polres, Brimob Baebunta, Koramil Masamba, Dishub Lutra serta Pramuka Luwu Utara. (Am/LH)