PALOPO | TOP-NEWS.co.id – Jadwal pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk jenjang SMA, SMK dan SLB tahun 2020 di Sulawesi Selatan mulai dibuka sejak Senin , 15 Juni 2020. akan segera berakhir.

Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Palopo, Ridwan Rajab, Ia mengatakan pendaftaran siswa baru tingkat SMK di Sulawesi Selatan, khususnya SMKN 1 Palopo menyusahkan beberapa hari lagi.

“Jumat 3 Juli, pukul 24.00 Wita, portal pendaftarannya tertutup secara otomatis,” kata Ridwan Rajab, Rabu (1/7/2020).

Ridwan mengatakan, untuk SMKN 1 Palopo akan menerima sebanyak 560 siswa baru dari kapasitas siswa 35 orang tiap kelasnya. Sementara calon siswa yang mengajukan pendaftaran hingga pukul 12.00 tadi siang ( Rabu, 01Jul 2020) sudah mencapai 987 calon siswa baru.

“Kapasitas setiap kelas itu sebanyak 35 siswa, sedangkan jumla kelas yang tersedia sebanyak 16 kelas. Sesuai dengan jumlah kelas yang tamat tahun ini,” kata orang nomor wahid di SMKN 1 Palopo itu.

Kelas tersebut lanjut Ridwan, dibagi kedalam tujuh jurusan yakni Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran sebanyak tiga kelas. “Akuntansi dan Keuangan Lembaga sebanyak tiga kelas, TKJ empat kelas, Bisnis daring dan pemasaran sebanyak dua kelas, tata boga dua kelas, Usaha Jasa Pariwisata satu kelas, dan Akomodasi Perhotelan satu kelas,” bebernya.

Saat ini Jurusan terbanyak peminatnya adalah TKJ, disusul Akuntansi dan keuangan Lembaga, serta Otomatisasi dan tata kelola Perkantoran, Bisnis daring dan Pemasaran, Perhotelan,Tata Boga, dan UPW.

Menurut Ridwan proses pendaftaran kali ini bersifat umum artinya yang menjadi acuan adalah nilai Raport dari semester 1 hingga 5, plus sertifikat Kejuaraan sesuai Juknis PPDB 2020 Sulawesi Selatan. (*)