PALOPO | TOP-NEWS.co.id – Pemerintah Kota Palopo, Sulawesi Selatan (Sulsel), melalui Bagian Organisasi dan Tata Laksana Setda Kota Palopo menggelar bimbingan Penyusunan Dokumen Evaluasi Jabatan.

Mewakili Walikota Palopo, Kepala Bagian Ortala Setda Kota Palopo, membuka bimbingan penyusunan Evjab bagi perangkat daerah Kota Palopo yang di laksanakan di Ruang Pertemuan Ratona Kantor Walikota Palopo, Rabu (10/03/2021).

Dalam sambutannya, Kabag Ortala, Magfirani Massa, menyampaikan, bahwa penyusunan dokumen Evjab itu berdasarkan peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 34 tahun 2011 tentang pedoman evaluasi jabatan dan Permenpan nomor 39 tahun 2013 tentang penetapan kelas jabatan di lingkungan instansi pemerintah.

BACA JUGA: http://top-news.co.id/ppa-kota-palopo-gelar-advokasi-kebijakan-dan-pendampingan-pemenuhan-hak-anak/

“Bimbingan ini juga merupakan kelanjutan dari bimtek-bimtek sebelumya, bimtek penyusunan Analisis Jabatan (Anjab) dan Analisis Beban Jerja (ABK),” kata Magfirani.

Magfirani juga mengatakan, bahwa setelah disusun Anjab/Abk, berdasarkan Anjab/Abk itu disusun lagi Evjab. Evjab nantinya keluarannya adalah harga jabatan untuk semua jabatan yang ada, baik itu jabatan funsional (umum/administrasi), jabatan fungsional tertentu dan struktural.

“Dari situ juga ada kelas jabatan, ditetapkan kelas jabatan setiap jabatan itu,” jelasnya.

BACA JUGA: http://top-news.co.id/ppa-kota-palopo-gelar-advokasi-kebijakan-dan-pendampingan-pemenuhan-hak-anak/

“Setelah kita buat dokumen ini, akan kita validasi lagi ke kemenpan. Dari  validasi itu akan ditetapkan kelas jabatannya, baru kita buatkan perwalnya,” sambung Magfirani.

Lebih jauh Magfirani menjelaskan, bhawa sebenarnya Pemkot Palopo sudah punya dokumen Evjab, tapi ada penyesuaian dengan beberapa regulasi-regulasi.

Penyesuaian terhadap regulasi-regulasi yang ada yang berkaitan dengan penyusunan dokumen Anjab/Abk dan Evjab serta Perangkat Daerah.

BACA JUGA: http://top-news.co.id/pemkot-palopo-gelar-uji-kesesuaian-jabatan-pratama/

“Kita sudah punya dokumen Anjab ABK dari tahun 2019, sudah ditetapkan. Tapi karena ada aturan aturan yang baru makanya kita sesuaikan lagi, utamanya perangkat daerah, perangkat daerah kita kan strukturnya berubah, terus ada peningkatan kelas jabatan di beberapa jabatan itu,” papar Magfirani. 

“Kita maunya bulan Mei sudah selesai penyusunan, sehingga pada Agustus nanti perwalnya juga sudah selesai. Itu harapan kita,” tambahnya.

BACA JUGA: http://top-news.co.id/pertama-di-sulsel-pemkot-palopo-serahkan-laporan-keuangan-tahun-anggaran-2020-kepada-bpk/

Peserta pada bimbingan tersebut, yakni para tim penyusun Anjab Perangkat Daerah, Bagian (Setda), Lurah dan UPTD/B lingkup Pemkot Palopo. (prokopim)