PALOPO – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Palopo menggelar bimbingan Teknis Penggiat Anti Narkoba di Lingkungan Pendidikan, yang dilaksanakan di Resto Wae Kambas Kel. Takkalala Kec. Wara Selatan, Selasa (18/8/2020). Adapun jumlah dari peserta Bimtek Penggiat Anti Narkoba di Lingkungan Pendidikan Sebanyak 20 peserta yang terdiri dari beberapa kepala sekolah dari SLTA, SMK dan SLTP.

Kepala Badan Narkotika Nasional Kota Palopo AKBP Ustin Pangarian mengatakan BNN Palopo sebagai penggerak P4GN secara terus-menerus melaksanakan program bidang P4GN di antara kegiatan yang dilaksanakan. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan di bidang P4GN, Sehingga di harapkan lahir penggiat anti narkotika atau narkoba.

“Selain itu memiliki bekal pengetahuan dan mampu bekerja tanpa pamrih dalam melaksanakan aktivitas pencegahan secara mandiri di lingkungan sekitar,” jelas AKBP Ustin.

Sementara pada kesempatan itu Sekertaris daerah Kota Palopo Firmanza DP, dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan bimtek menyampaikan bahwa Pemerintah sangat mengapresiasi kegiatan ini karena kegiatan Bimtek seperti ini merupakan salah satu cara untuk memberantas peredaran narkoba di Kota Palopo.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut Perpres no 2 tahun 2020 tentang rencana aksi nasional pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika.

“Oleh karena itu mari kita bersama-sama memberantas peredaran narkoba, dengan menciptakan atau membentuk para penggiat anti narkoba untuk mencegah peredaran narkoba termasuk di sekolah-sekolah,” ungkapnya.

BNN sebagai instansi yang mempunyai tugas pokok dalam pemberantasan narkoba untuk bekerja dengan sungguh-sungguh, bersinergi dengan seluruh pihak, pemerintah atau Stakeholder yang ada dalam rangka mencegah pemberantasan narkoba di kota Palopo.

“Saya berharap kepada kepala BNN untuk senang tiada membuka ruang komunikasi, membuka ruang koordinasi dengan teman-teman yang ada di tingkat kelurahan sampai di tingkat RT untuk mendeteksi dini kemungkinan adanya peredaran narkoba yang ada di Kota Palopo.” Harap Sekda. Turut hadir pula Wakil Walikota Palopo Rahmat Masri Bandaso sebagai pemateri. (hms)