PALOPO – Kreativitas tanpa batas. Kalimat itu pantas diberikan kepada siswa SMKN 1 Palopo.

Bagaimana tidak, siswa salah satu sekolah unggulan itu mampu mengubah bahan pertanian menjadi produk unggulan.

Guru dan siswa jurusan Tata Boga, berjibaku dengan semangat, membuat roti serta sirup yang bermanfaat bagi kesehatan. Sirup Pattikala.

Ketua jurusan Tata Boga SMKN 1 Palopo, Ermy mengatakan, kegiatan produksi roti ini sebagai pelatihan pengetahuan dan wawasan bagi siswa, dalam membuat produk unggulan.

“Ini untuk melatih siswa kami tetap berkreasi, melahirkan produk unggulan, dan alhamdulillah sudah mampu memproduksi roti ala SMKN 1 Palopo dan sirup Pattikala,” katanya, Selasa (20/10/2020).

Sementara itu, Kepala Sekolah SMKN 1 Palopo, Ridwan Rajab mengungkapkan, pelatihan ini juga untuk merespon target ‘One School One Product’, agar tiap sekolah memiliki atau memproduksi produk unggulan.

“Tiap sekolah, harus memiliki produk unggulan untuk memenuhi kebutuhan dunia usaha, masyarakat, sehingga ketika mereka telah menjadi alumni dan lulus, bisa berwirausaha,” ungkapnya.

Produk sirup Pattikala yang dibuat siswa SMKN 1 Palopo, bermanfaat bagi kesehatan seperti penambah nafsu makan, sumber kalium, kalsium, zat besi, serat, fosfor, magnesium serta mencegah dehidrasi. (*)