BARCELONA – Lionel Messi baru saja melakukan tindakan tegas yang membuat para petinggi Barcelona seperti kebakaran jenggot. La Pulga telah mengirimkan surat yang isinya permintaan agar dilepas secara gratis pada bursa musim panas ini.

Dilansir dari SINDOnews, Messi mengajukan surat pengunduran diri itu karena merasa punya hak yang tercantum dalam klausul kontraknya. Disebutkan, penyerang asal Argentina itu bisa meninggalkan Camp Nou kapan saja dengan status agen bebas.

Merespon hal ini, Barcelona memberikan klarifikasi. Walau membenarkan keberadaan klausul itu, tapi dianggap sudah tidak berlaku lagi. Artinya, Messi tidak bisa pergi seenaknya. Jika ada yang ingin merekrutnya sekarang, maka harus membayar 700 juta euro sesuai klausal pelepasan.

Barcelona menegaskan masa berlaku klausal yang membolehkan Messi pergi kapan saja secara gratis telah habis sejak akhir Juni lalu. Dengan kata lain, dia baru bisa hengkang akhir musim depan setelah masa tugasnya selesai.

Messi mungkin punya argumen terjadinya pandemi virus Corona yang membuat kompetisi sempat tertunda selama empat bulan, membuat masa berlaku klausal itu otomatis diperpanjang. Maksudnya, dia tetap punya hak untuk pergi sekarang.

Tapi, Barcelona tetap kukuh dengan pendiriannya dengan menyebut klausal itu sudah tidak berlaku lagi. Hal ini konon membuat Messi berniat mengambil jalan hukum. La Pulga kini hanya punya waktu sepekan jika ingin melimpahkan masalah ini ke meja hijau. (*)