PALOPO | TOPNEWS.co.id – Menyambut hari ulang tahun (HUT) ke-75 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2020, Pemerintah Kota Palopo menggelar rapat pemantapan.

Rapat pemantapan tersebut dilaksanakan diruang kerja Asisten Tata Pemerintahan (Asisten 1) Setda Kota Palopo, Selasa (11/08/2020).

Asisten Pemerintahan, Burhan Nurdin, pada kesempatan itu mengatakan pelaksanaan upacara hari ulang tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2020 tetap mengacu pada pedoman HUT ke-75 proklamasi kemerdekaan RI dari Menteri Sekretaris Negara Republik Indonesia dengan Nomor : B-442/M.Sesneg/Sek/TU.00.04/07/2020.

“Kita akan menggunakan pola minimal, mengingat upacara yang akan kita laksanakan itu terbatas berdasarkan petunjuk dari pusat,” kata Burhan Nurdin.

Menurut Burhan, ada 3 agenda utama yang akan dilaksanakan, yakni Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS) di Taman Makam Pahlawan (TMP) Palopo, upacara pengibaran bendera/detik-detik proklamasi, serta upacara penurunan bendera pada sore hari.

“Upacara HUT RI kali ini dilaksanakan di halaman Kantor Walikota, dan hanya akan diikuti 10 regu (2 regu bersenjata), dengan peserta sekitar 70 peserta. Tidak ada paduan suara, hanya ada korsik. Begitupun dengan undangan, hanya terbatas pada unsur forkopimda,” jelasnya.

“Setelah upacara, akan dilanjutkan di ruang Pola Kantor Walikota. Dimana Walikota bersama unsur Forkopimda akan mengikuti detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia di Jakarta secara virtual sekitar pukul 11.17 WITA,” tambah Burhan Nurdin.

Setelah upacara penurunan bendera, kata Burhan, akan dilanjutkan shalat magrib bersama.

Pada kesempatan itu juga, Asisten I mengimbau masyarakat untuk menyaksikan detik-detik proklamasi melalui televisi.

Pada rapat pemantapan itu, hadir pula Kepala Dinas Pemuda dan olahraga, Nuryadin, Plt.Kepala Dinas Pendidikan, Asnita Darwis, Kabag Umum setda Kota Palopo, perwakilan dari TNI-polri, pemadam kebakaran dan undangan lainnya. (hms)