Wakil Bupati Luwu Utara, Muhammad Thahar Rum, saat memimpin Rapat Koordinasi Persiapan Lomba Desa Tingkat Provinsi di Ruang Rapat Wakil Bupati, Kamis (20/06/2019).

LUTRA | TOPNEWS.id – Kabupaten Luwu Utara masuk dalam 11 Kabupaten terbaik yang akan mengikuti Lomba Desa oleh Tim Evaluasi Perkembangan Desa Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.

Adalah Desa Salulemo, Kecamatan Baebunta, yang terpilih mewakili Kabupaten Luwu Utara pada Lomba Desa 2019 tingkat Sulsel.

Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Bupati Luwu Utara, Muhammad Thahar Rum, saat memimpin Rapat Koordinasi Persiapan Lomba Desa Tingkat Provinsi di Ruang Rapat Wakil Bupati, Kamis (20/06/2019).

Dalam rapat itu, Wabup Thahar mengajak seluruh Perangkat Daerah bersama-sama memenuhi indikator yang dipersyaratkan berdasarkan tugas dan tanggung jawab masing-masing.

“Saat tugas-tugas yang diberikan sudah dilakukan dengan maksimal, kiranya tidak ada lagi masalah yang perlu dikhawatirkan dalam mengikuti penilaian atau evaluasi perkembangan desa ini,” kata Thahar.

Kepada Camat Baebunta, Thahar menitip pesan agar seluruh Perangkat Daerah mengawal pemenuhan semua indikator yang dipersyaratkan.

“Yang paling banyak berperan nantinya adalah Camat dan Kades. Untuk itu, Perangkat Daerah terkait harus mengawal pemenuhan indikator tersebut, biar pak desa dan camat tidak kewalahan dalam penilaian nanti,” harapnya.

“Saya juga minta seluruh Perangkat Daerah terjun langsung ke lapangan guna menyelesaikan tanggung jawab yang diberikan,” pungkasnya.

Sementara itu, Kadis PMD, Misbah, menyebutkan, ada perubahan yang cukup signifikan terkait penilaian perkembangan desa dibanding tahun sebelumnya.

“Penilaian tahun ini tidak lagi semua kabupaten mendapatkan penilaian, melainkan dihitung berdasarkan 11 Kabupaten terbaik hasil penilaian administrasi awal yang dilakukan tim evaluasi kabupaten,” kata Misbah.

Beberapa indikator yang disiapkan Dinas PMD harus dipenuhi Desa Salulemo dalam rangka mengikuti penilaian perkembangan desa tingkat provinsi.

Diantaranya sektor pendidikan, kesehatan, ekonomi, keamanan, partisipasi masyarakat, pemerintahan desa, kelembagaan masyarakat, serta pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga.

Penilaian Lomba Desa Tingkat Provinsi Sulsel tahun ini rencananya akan dilaksanakan pada 02 Juli 2019 mendatang.

Diketahui, selain Wabup Thahar dan Kadis PMD Misbah, turut hadir dalam rapat tersebut, yakni Kepala Dinas Perhubungan Abdul Hakim, Ketua TP-PKK Ny. Enny Thahar, serta tim Penilai Lomba Desa Tingkat Kabupaten Luwu Utara. (Hms)