LUTRA – Kabupaten Luwu Utara optimistis menghadapi “new normal” di masa pandemi covid-19. Istilah “new normal” yang mulai dikenal dua minggu terakhir mengandung makna yaitu sebuah perubahan perilaku dalam menjalankan aktivitas normal dengan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Bupati Indah Putri Indriani pun selalu optimistis bahwa “new normal” di masa pandemi adalah keniscayaan. Itulah kemudian pada berbagai kesempatan ia selalu menyosialisasikan “new normal” kepada masyarakat. Seperti yang ia sampaikan saat memantau penyaluran BLT-DD Tahap II TA 2020, Selasa (9/6/2020), di Desa Sukaharapan, Sukamaju Selatan.

“Pemerintah telah menyosialisasikan sebuah uji coba tatanan kehidupan baru dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah, baik di pusat maupun daerah,” kata Indah. Tatanan hidup baru yang dimaksud orang nomor satu di Luwu Utara ini adalah beraktivitas normal dengan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Tetap gunakan masker dalam new normal, dan ini akan menjadi kebiasaan kita sehari-hari, dan tetap menjaga jarak serta membiasakan menerapkan pola hidup bersih dan sehat, seperti rajin cuci tangan dengan menggunakan sabun di air yang mengalir,” jelas dia. Salah satu yang membuat ia begitu yakin dengan new normal di Luwu Utara adalah tingginya angka kesadaran masyarakat dalam mematuhi setiap imbauan pemerintah.

Terkait BLT Dana Desa di Desa Sukaharapan Kecamatan Sukamaju Selatan (Sultan), ada 68 kepala keluarga (KK) sebagai penerima BLT-DD dari 225 KK total jumlah KK di desa tersebut. “Kita berharap dengan adanya BLT Dana Desa ini akan semakin meringankan beban masyarakat kita di tengah pandemi covid-19,” harap Camat Sukamaju Selatan, Anjas Rusli. (hms)