LUTIM – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinas PP-PA) Kabupaten Luwu Utara melakukan kunjungan kerja ke Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Kabupaten Luwu Timur.

Kunjungan ini dalam rangka melakukan studi tiru terkait dengan Impelementasi Pemenuhan Indikator Anugrah Parahita Ekapraya (APE) Kabupaten Luwu Timur dimana Luwu Timur telah meraih tingkatan yang ketiga yakni Utama.

Rombongan studi tiru yang dipimpin Sekretaris Dinas P2PA Lutra, Ratna, diterima oleh Asisten Pemerintahan, Dohri Ashari didampingi Kadis Sosial P3A Lutim, Sukarti di Aula Kantor Dinsos P3A, Malili, Kamis (27/02).

Dohri Ashari dalam sambutan penerimaan menyampaikan terima kasih karena menjadikan Kabupaten Luwu Timur sebagai tempat studi tiru APE, yang mana lutim merupakan adik dari Kab. Luwu Utara.

“Penghargaan APE di Kabupaten Luwu Timur ini sudah pada tingkatan ke-3 yaitu UTAMA, dan Insya Allah satu tingkat lagi akan meraih tingkatan yang tertinggi yakni MENTOR,” ujar Dohri.

Tentu dalam penyiapan untuk mendapatkan penghargaan ini, sambung Dohri, Dinsos P3A Lutim tidak sendirian karena berkolaborasi dengan beberapa OPD terkait yang tergabung dalam Tim Pengarusutamaan Gender.

“Nanti akan menjelaskan terkait apa-apa saja yang dipersiapkan jika ingin meraih APE ini. Tentu yang menjadi landasan utama adalah kebijakan Pemerintah daerah yakni perhatian terhadap program-program Perlindungan Anak,” urai Dohri.

Sementara Sekretaris Dinas P2PA Lutra, Ratna SKM mengatakan, tujuan utama kami studi banding di Luwu Timur ini ialah ingin melihat implementasi 7 prasyarat PUG di Lutim. Melalui kunjungan ini, pihaknya berharap Pemkab Lutim dapat berbagi ilmu, dan upaya apa saja yang dilakukan Lutim yang merupakan salah satu contoh Kabupaten yang telah menjalankan program PUG dengan baik.

“Semoga dengan studi banding ini, kami juga bisa mendapatkan penghargaan seperti apa yang telah didapatkan oleh Kabupaten Luwu Timur yakni APE tingkat UTAMA,” harap Ratna.

Kepala Dinas P3A Kab. Luwu Timur, Sukarti mengungkapkan bahwa, Luwu Timur bisa meraih penghargaan APE tingkat utama karena faktor kerjasama yang baik dari seluruh TIM. “Semoga kedepannya Luwu Timur bisa meraih penghargaan APE tingkat tertinggi yakni MENTOR,” tutup Sukarti. (ikp/kominfo)