LONDON – Liga primer Inggris akhirnya bakal kembali bergulir setelah dihentikan karena pandemi corona. Pendukung Liverpool kini bisa membuat kalkulasi kapan timnya mengangkat trofi, bisa dua atau bahkan satu pertandingan lagi.

Sampai di sini, semua seperti akan berjalan seperti rencana. Sebelum akhirnya muncul kabar yang mengatakan bahwa bergulirnya kembali Liga Primer bukan tanpa catatan. Meski sudah ada lampu hijau, tak berarti kompetisi tertinggi di Inggris itu bisa melenggang tanpa catatan.

Dilansir dari SINDOnews, Salah satunya terkait kemungkinan ancaman serbuan penonton yang datang ke area stadion. Meski sudah ditegaskan bahwa kompetisi tidak boleh dihadiri penonton, tak ada yang menggaransi pendukung fanatik Liverpool, Manchester United, Chelsea, Arsenal, Tottenham Hotspur, Manchester City Man City), dan klub lain tak datang. Bukan masuk, tapi berkumpul di luar stadion.

Setidaknya, ada 12 pertandingan yang dianggap berisiko menjadi kluster baru dalam penularan Covid-19 sehingga ada kabar yang menyebutkan pertandingan itu akan digelar di tempat netral, termasuk pertandingan Liverpool yang tersisa di Anfield.

Ada kekhawatiran penggemar bisa berkumpul di luar Anfield jika mereka memenangkan gelar. Konsekuensinya, bisa melanggar aturan jarak sosial dan risiko penyebaran virus covid-19. Apalagi, Liverpool hanya perlu dua kemenangan lagi untuk merebut Liga Primer, bahkan gelar bisa datang lebih awal jika Manc City kalah dari Arsenal dan mereka mengalahkan Everton.

Inilah yang memunculkan kabar kemungkinan Liverpool akan bermain di tempat netral saat liga mulai bergulir 17 Juni mendatang. Pertandingan pembuka return project restart adalah Man City versus Arsenal serta Aston Villa melawan Sheffield United.

“Villa vs Sheffield dan Man City kontra Arsenal yang ditunda karena final Piala Liga, sekarang akan berlangsung pada 17 Juni, diikuti dengan putaran pertandingan penuh yang dimulai pada Jumat 19 Juni. Karena Covid-19, pertandingan akan berlangsung tertutup,” ungkap pernyataan Liga Primer, dilansir Skysports.

Pemegang saham Liga Primer juga menyetujui proposal di mana semua 92 pertandingan yang tersisa disiarkan langsung di Inggris mitra siaran Liga yang ada: Sky Sports, BT Sport, BBC Sport, dan Amazon Prime. Waktu kick-off yang direncanakan di Inggris untuk pertandingan langsung juga akan berbeda dari waktu tradisional.

Jika jadwal lima setengah pekan berjalan tanpa penundaan, semua 92 pertandingan tersisa akan dimainkan hanya dalam 39 hari sehingga klub akan bermain tiga hari sekali. Bila sesuai rencana, final Piala FA bisa digelar 1 Agustus dengan pertandingan perempat final dan semifinal akan berjalan selama Liga Primer berlangsung.

Chief Executive Liga Primer Richard Masters berharap kebijakan para pemegang hak siar diharapkan membuat fans yang sementara waktu tidak bisa datang ke stadion mampu menikmati pertandingan dari rumah. Masters menilai prioritas Liga Primer adalah memastikan para pemain, staf, ofisial, serta fans tetap sehat dan aman.

“Liga Primer dan klub bangga memiliki pendukung yang sangat bersemangat dan loyal. Penting untuk memastikan sebanyak mungkin orang bisa menonton pertandingan di rumah. Kami akan terus bekerja dan berkonsultasi dengan semua pemangku kepentingan saat kami bergerak menuju melanjutkan musim 2019/20,” papar Masters.

Sebagian besar permainan hampir pasti dimainkan seperti biasa di kandang dan tandang. Tapi, beberapa permainan yang dianggap ‘berisiko tinggi’ seperti derby lokal. Itu berarti tim Juergen Klopp menghadapi kemungkinan memenangkan gelar pertama mereka dalam 30 tahun di Anfield Stadium.

Kemungkinan bermain derby di tempat-tempat netral juga dapat berdampak pada Tottenham Hotspur, yang berusaha lolos ke Liga Champions, karena mereka masih harus menghadapi Arsenal dan West Ham United di kandang.

Masalah venue masih harus diselesaikan secara resmi, dengan klub menunggu konfirmasi pertandingan mana yang akan berada di stadion netral sebelum menyetujui. Seperti yang terjadi, Norwich City, Aston Villa, dan AFC Bournemouth akan turun jika musim dibatasi, dengan Liga Primer mengusulkan sistem poin-per-permainan yang tidak tertimbang untuk menentukan peringkat.

Masalah bagaimana musim akan diputuskan dalam hal pengurangan di antara proposal yang disebutkan di atas akan dibahas dan berpotensi disahkan pada pertemuan Liga Primer berikutnya, Kamis (4/6). Kepastian bergulirnya kembali Liga Primer pada 17 Juni mendatang diharapkan membuat semua klub bersemangat melakukan persiapan. (*)