Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, saat melepas sebanyak 15 peserta Seleksi Tilawatil Quran dan Hadist (STQH) ke Tana Toraja, yang berlangsung di Aula La Galigo, Senin (22/04/2019).

TOPNEWS.id|LUTRA – Sebanyak 15 peserta Seleksi Tilawatil Quran dan Hadist (STQH) secara resmi dilepas Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani ke Tana Toraja, yang berlangsung di Aula La Galigo, Senin (22/4/2019).

Acara pelepasan tersebut juga dihadiri oleh Kakan Kemenag Nurul Haq, dan Asisten I Pemda Lutra, Andi Sarappi, yang juga Ketua Kafilah. STQH ini akan berlangsung selama enam hari yang dimulai pada 22 – 28 April 2019.

Selain ke-15 peserta, kontingen Luwu Utara yang akan mengikuti STQH yang terdiri dari Pelatih, Pembina, serta Pendamping sebanyak 50 orang termasuk panitian.

Dengan komposisi tersebut, Bupati Indah meminta para duta STQH Luwu Utara mengedepankan sikap toleransi dan senantiasa menjaga kebersamaan.

Pada kesempatan itu pula, Indah juga mengapresiasi tuan rumah STQH, Tana Tora, mengingat masyarakat Toraja yang mayoritas non muslim.

“Saya minta para peserta, pelatih, pendamping, dan official untuk mengedepankan toleransi, serta menghormati budaya dan adat setempat. Toraja ini luar biasa. Sudah sepatutnya kita berikan apresiasi,” kata Bupati yang akrab disapa IDP.

Selain itu, IDP juga beharap kepada seluruh kafilah agar senantiasa menjaga kesehatan dan kebersihan selama mengikuti STQH di Toraja.

“Tetap fokus dan jangan lupa jaga kesehatan. Tak ada target muluk-muluk, cukup berikan yang terbaik bagi daerah kita. Selamat kepada rombongan, dan semoga tiba dengan selamat,” terangnya.

Sebelumnya, Ketua Kafilah STQH, Andi Sarappi mengatakan, bahwa Lutra akan mengikuti tiga cabang. Yakni cabang Tilawah, Hifzil Qur’an, serta cabang Musabaqah Hadist 100.

Pelaksanaan STQH di Tana Toraja, akan digelar di panggung utama di Aula Masji Raya Makale, Aula Gereja Khatolik Makale, dan Aula BPSW III Gereja Toraja. (Lh|Hms)