Bupati Indah bersama Jubir Percepatan Penanganan Covid-19, Komang Krisna

LUTRA|TOP-NEWS.co.id-Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani memberikan dukungan moril terhadap para tenaga medis yang bertugas di Kabupaten Luwu Utara, Senin (4/5/2020) kemarin.

Diketahui, para tim medis ini memanfaatkan Gedung Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) sebagai tempat bekerja, juga tempat tinggal sementara.

Labkesda yang diresmikan Bupati Indah pada Kamis (6/2) lalu, tersebut memang cukup representatif dengan fasilitas ruang Laboratorium Klinis, Kimia Kesehatan, Mikrobiologi, dan Patologi yang berada di lantai 1.

Sementara untuk ruang perkantoran dan aula berada di lantai 2 yang menjadi rumah sementara bagi TGC. Kehadiran orang nomor satu di Luwu Utara itu, Disambut Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 untuk Luwu Utara, Komang Krisna, dan tim.

Dalam kunjungan tersebut, Indah mengatakan jika saat ini bukan hanya pasien dan keluarga pasien saja yang harus mendapatkan dukungan moril, namun juga seluruh tenaga kesehatan yang menjadi garda terdepan dalam penanganan virus yang berasal dari Wuhan, Tiongkok ini.

Sebab katanya, kondisi saat ini mewajibkan para petugas kesehatan untuk menahan rindu kepada keluarga mereka, terlebih lagi saat ini memasuki bulan suci ramadan.

“Kalau kita ini masih bisa sahur dan berbuka puasa bersama keluarga, TGC harus menahan rindu pada kehangatan keluarga dengan tidak pulang dulu ke rumah, untuk memastikan mereka tidak tertular,” kata bupati perempuan pertama di Sulsel ini.

Lebih jauh, dia mengatakan jika saat ini semua elemen pemerintahan yang saling bahu-membahu mengambil bagian untuk percepatan penanganan dan memutus mata rantai penyebaran covid-19.

Indah juga tidak henti-hentinya mengimbau agar kepada masyarakat untuk memberi dukungan dan membangun solidaritas sosial di tengah pandemi covid-19.

Dia juga mengajak seluruh masyarakat untuk memberikan konstribusinya, untuk memutus mata rantai penularan covid-19 minimal dengan memberikan informasi yang benar.

Dengan tidak, saling menyalahkan, apalagi membuat pernyataan dan melakukan perilaku yang provokatif, menimbulkan keresahan dan kepanikan di ruang publik.

“Virus ini tidak berpindah sendiri, tapi manusia yang memindahkan/menularkan. Tugas kita adalah selain menaati imbauan pemerintah untuk tetap di rumah saja, kita diharapkan jujur dalam memberikan informasi, utamanya jika kita baru tiba dari daerah terpapar maupun transmisi lokal,” imbaunya.

“Saatnya kita bergandengan tangan, bahu-membahu, bergotong royong bersama sebagai satu kesatuan bangsa dalam menghadapi pandemi Covid-19,” pungkas Indah Purti.

Dari Labkesda, didampingi Kalaksa BPBD yang juga Ketua Harian Gugus Tugas, Muslim Muchtar, IDP juga mengunjungi para relawan di Markas PMI. (Rn/Key)