Panglima KOMANDO reLawan Covid-19, Sul Arrahman bersama sejumlah tim persiapan membagikan 1500 masker kain kepada masyarakat yang ada di 13 Kecamatan di Kabupaten Luwu, Jumat (10/04/2020).

LUWU | TOPNEWS.co.id – Wabah Covid-19 yang terus meningkat mengakibatkan ketersediaan alat pelindung diri (APD) seperti masker cukup langka di pasaran, sehingga jika dijumpai harganya pun melonjak tinggi.

Melihat kondisi itu, KOMANDO reLawan Covid-19 beberapa hari lalu menggagas Gerakan Donasi 1 Juta Masker. Masker kain untuk masyarakat dan APD untuk tenaga kesehatan.

Hingga Jumat, (10/04/2020), Gerakan Donasi 1 Jt Masker itu telah mengumpulkan sekitar 1500 Masker Kain.

Tidak menunggu waktu lama lalu kemudian Masker yang terkumpul, dibagikan ke masyarakat di Kabupaten Luwu secara bertahap.

Tercatat ada 13 kecamatan dari total 22 kecamatan di Kabupaten Luwu, yang hari ini menjadi titik masker kain dibagikan.

Dr. Fahmiyanti Arsi Amin, Sp.M.,M.Kes. sebagai salah satu perwakilan IDI yang tergabung dalam KOMANDO reLawan Covid-19 menuturkan, banyak warga yang masih tidak mengenakan masker saat keluar rumah, lantaran keberadaan masker sangat sulit di temukan dan harga yang mahal.

Sebelumnya WHO dan Pemerintah telah mengeluarkan aturan untuk mewajibkan seluruh masyarakat menggunakan masker, terlebih saat keluar rumah.

“Tidak semua masyarakat paham tentang pentingnya menggunakan masker di saat-saat seperti ini, dimana wabah Covid-19 mengancam siapa saja, tujuan sebenarnya masker kain kita gunakan untuk mencegah droplet dari bersin atau batuk seseorang, itulah mengapa masker kain untuk masyarakat ini sangat penting, maka dari itu kita buatlah Gerakan Donasi 1 Jt Masker ini,” terang dr. Fahmiyanti.

Masker kain di anggap cukup efektif saat ini dalam mencegah penularan virus, dikarenakan masker bedah, 3m, N95 dan sejenisnya hanya di peruntukkan bagi para tenaga kesehatan yang berada di garda depan, yang memiliki potensi lumayan besar bisa terpapar oleh virus covid-19.

10 OKP dan Ormas yang tergabung dalam KOMANDO reLawan Covid-19, masih terus mengagas upaya-upaya pencegahan pandemi global ini.

“Kita akan mengoptimalkan pembagian masker kain ini, sehingga nantinya untuk masyarakat di tempat umum seperti pasar, dan tempat-tempat keramaian lainnya bisa langsung kita sasar pembagiannya,” ungkap Panglima KOMANDO reLawan Covid-19 Sul Arrahman.

Sul pun mengajak seluruh masyarakat untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat guna mencegah penularan Covid-19.

Seperti makan makanan beragam, bergizi seimbang, halal dan aman (B2SHA), aktivitas fisik minimal 30 menit setiap hari dalam lima kali seminggu, berjemur 5 sampai 15 menit di jam-jam 11:00 sampai 12:00 WITA dan rajin cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir.

Gerakan ini juga membuka donasi bagi masyarakat atau siapa saja yang ingin ikut ambil bagian. Donasi yang dibuka ada empat macam, bisa berupa donasi dana, donasi kain, donasi masker kain, atau bahkan donasi APD untuk tenaga kesehatan.

Donasi langsung bisa menghubungi Call Center KOMANDO reLawan Covid-19 : 085252016163 atau Pusat Informasi : [email protected]

Bisa juga melalui No. Rekening di bawah ini :
BRI : 2148-01-007012-53-9
BNI SYARIAH : 0909977881
a.n. Bulan Sabit Merah Indonesia Luwu
Konfirmasi Rek : 082244244644. (vat)