Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Kota Palopo, menggelar Opening Seremoni Kantin Tata Boga, di Ruang Praktek Jurusan Tata Boga, Senin (29/07/2019).

PALOPO | TOPNEWS.co.id – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Kota Palopo, menggelar Opening Seremoni Kantin Tata Boga, di Ruang Praktek Jurusan Tata Boga, pada Senin (29/07/2019) pagi.

Ketua Jurusan Tata Boga SMKN 1 Palopo, Dra. Ermi mengatakan, bahwa pelaku dalam usaha kantin tata boga ini adalah para guru dan siswa jurusan tata boga.

“Kantin ini nantinya akan digunakan sebagai tempat praktek para siswa yang mengambil jurusan tata boga serta hal-hal positif lainnya demi perkembangan sekolah,” kata Ermi dalam sambutannya.

Pihak sekolah SMKN 1 Kota Palopo sengaja membuat kantin tata boga ini, agar para siswa jurusan tata boga yang sudah berjalan selama 4 tahun terakhir dapat memanfaatkannya sebagai wada tempat praktek.

“Kita sudah menamatkan 1 angkatan alumni. Jadi para guru dan siswa kelas 2 jurusan tata boga yang memasak sekaligus langsung melakukan praktek secara bergiliran,” terang Ermi.

Disamping kita melakukan praktek, tambah Ermi, juga upayakan dapat berproduksi untuk sekolah.

“Dan kedepan kita upayakan bisah menjadi lebih dari ini semisal bisa seperti jasa catering yang ada diluar sana,” tambahnya.

Manurutnya, modal yang digunakan sekolah ini berasal dari dana praktek dari sekolah yang sudah dianggarkan kemudian diolah agar berproduksi.

“Dana yang digunakan ialah berasal dari dana praktek siswa yang diputar menjadi produksi,” tutup Ermi.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMKN 1 Kota palopo, Ridwan Rajab, S.Ag mengatakan, bahwa kantin ini digagas dari guru-guru yang memiliki inisiatif untuk pengembangan sekolah dan telah dipersiapkan sejak 3 bulan terakhir. Kantin ini juga bisah menjadi motifasi untuk sekolah yang lainnya.

“Kantin ini digagas dan persiapan sejak 3 bulan terakhir, dan diharapkan menjadi percontohan bagi sekolah lainnya,” ungkap Ridwan Rajab.

Dikesempatan yang sama, Tim Gubernur Sulsel Koordinator Percepatan Pembangunan Luwu Raya, Bustam Titing, yang juga hadiri dalam kegiatan tersebut, mengapresiasi SMKN 1 Kota Palopo yang telah membuat inovasi baru dalam pengembangan pendidikan pada jurusan tata boga.

“Saya sangat mengapresisasi inovasi baru ini. Karena sangat jarang ada sekolah mengambil peluang yang benilai plus untuk pembangunan sekolah terlebih perkembangan siswa  dalam hal fasilitas,” ungkapnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, yakni Kajari Palopo dan jajarannya, Dandim 1403 Sawerigading Palopo yang diwakili oleh Kasdim, serta sejumlah tamu undangan lainnya. (Tam)