Basmin saat memberikan sambutan pada rapat Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun 2019 di Gedung Simpursiang, Belopa, Senin (08/04/2019).

TOPNEWS.id|LUWU – Demi mengembalikan kembali pamor kualitas pendidikan di Kabupaten Luwu, Bupati H. Basmin Mattayang berencana akan membangun sekolah unggulan tingkat Taman Kanak-Kanak (TK), SD hingga SMP.

Hal tersebut diungkapkan Basmin saat memberikan sambutan pada rapat Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun 2019 di Gedung Simpursiang, Belopa, Senin (08/04/2019).

“Beberapa tahun belakangan ini kualitas pendidikan di kabupaten Luwu menurun drastis. Dulu, siswa yang lulus UMPTN mencapai 70-80 persen, tapi sekarang hanya berkisar 20-30 persen saja,” kata Basmin.

“Hal inilah yang membuat saya berkeinginan meningkatkan kualitas pendidikan di Luwu, salah satunya dengan membangun sekolah unggulan tingkat TK, SD dan SMP,” tambahnya.

Menurut Bupati pasangan Syukur Bijak ini, bahwa pendidikan itu butuh pengawasan melekat. Jika pengawasan diberikan kepada orang yang tidak kapabel maka tentulah kualitas pendidikan akan jauh merosot. Para kepala sekolah dan guru dituntut harus punya skill, attitude dan karakter yang dapat menjiwai profesi guru.

“Meningkatkan kualitas pendidikan bukan pekerjaan yang mudah, oleh karena itu saya mengajak para kepala sekolah dan para guru-guru agar bangkitkan semangat pengabdian kepada Negara. Bangkitkan semangat untuk memajukan pendidikan, bangkitkan semangat untuk membangun dan membentuk karakter generasi millennial yang akan datang,” terang Basmin dihadapan ratusan guru.

Selain akan membangun sekolah unggulan, Basmin juga akan meningkatkan kualitas pendidikan dengan melakukan studi banding ke Philipina pada bulan Mei mendatang. (**)